Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 10



GEOGRAFI IX RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator                                 : - Menginterpretasikan peta dunia untuk mendapatkan
    informasi tentang karakteristik masing-masing samudra
  - Mendeskripsikan fungsi samudra
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasikan karakteristik samudra pada peta.
-          Menguraikan fungsi samudra.

B.     Materi Pembelajaran
Karakteristik dan Fungsi Samudra

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menayangkan peta untuk menunjukkan posisi samudra-samudra.
2.      Kegiatan Inti: 20 menit
·         Tanya jawab tentang karakteristik dan fungsi samudra.
·         Secara individu, membuat karangan tentang fungsi dari adanya samudra bagi negara-negara di sekitar samudra tersebut (Portofolio hal 73).
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·         Penugasan individu, mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 72 – 75).

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, Atlas, dan Globe
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Portofolio (Karangan analitis)
Tema karangan : Apakah dengan adanya keberadaan samudra pada suatu kawasan
   atau negara di dunia dapat memberi keuntungan bagi negara
   tersebut? Buatlah jawabanmu dalam bentuk karangan! (hal 73)
  
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menjelaskan alasan atas pemikiran




Isi menunjukkan sikap terhadap hasil pemikiran




Isi menunjukkan argumentasi yang logis




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

2.  Penilaian Uji Kompetensi       : - Pilihan ganda hal 72 - 73 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Uraian singkat hal 73 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
    berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
                                                          
Kunci Jawaban

A.
1.      b
2.      b
3.      c
4.      b
5.      b

B.
1.      Australia
2.      Asia
3.      Australia
4.      Eropa
5.      Arktik


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: