GEOGRAFI IX RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator : - Menginterpretasikan peta dunia untuk mendapatkan
informasi tentang karakteristik masing-masing samudra
- Mendeskripsikan fungsi samudra
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasikan karakteristik samudra pada peta.
- Menguraikan fungsi samudra.
B. Materi Pembelajaran
Karakteristik dan Fungsi Samudra
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menayangkan peta untuk menunjukkan posisi samudra-samudra.
2. Kegiatan Inti: 20 menit
· Tanya jawab tentang karakteristik dan fungsi samudra.
· Secara individu, membuat karangan tentang fungsi dari adanya samudra bagi negara-negara di sekitar samudra tersebut (Portofolio hal 73).
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
· Penugasan individu, mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 72 – 75).
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Portofolio (Karangan analitis)
Tema karangan : Apakah dengan adanya keberadaan samudra pada suatu kawasan
atau negara di dunia dapat memberi keuntungan bagi negara
tersebut? Buatlah jawabanmu dalam bentuk karangan! (hal 73)
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menjelaskan alasan atas pemikiran | | | | |
Isi menunjukkan sikap terhadap hasil pemikiran | | | | |
Isi menunjukkan argumentasi yang logis | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
2. Penilaian Uji Kompetensi : - Pilihan ganda hal 72 - 73 (skor 1 s/d 5)
- Uraian singkat hal 73 (skor 1 s/d 5)
- Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. b
3. c
4. b
5. b
B.
1. Australia
2. Asia
3. Australia
4. Eropa
5. Arktik
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment