29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 9



GEOGRAFI VIII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mengidentifikasikan permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator                                 : - Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
-    Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi penyebab terjadinya ledakan penduduk.
-          Menganalisis dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
-          Membuat peta, tabel, dan grafik untuk menyajikan informasi kependudukan.

B.     Materi Pembelajaran
-          Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
-          Penyajian informasi kependudukan

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menceritakan tentang peristiwa ledakan penduduk (baby booming) setelah meletusnya Perang Dunia II.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·       Bersama-sama mendiskusikan tentang penyebab terjadinya ledakan penduduk.
·       Siswa menganalisis dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya dalam bentuk karangan.
·       Tanya jawab tentang karangan analitis siswa.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan materi bersama-sama.
·         Siswa secara individu membuat piramida penduduk berdasarkan data kependudukan daerah tempat tinggal siswa yang telah didapatkan. Piramida penduduk dibuat dengan menggunakan gabus dengan diberi warna agar terlihat menarik (Produk hal 47). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          World Population Datasheet 2006
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Portofolio berupa Karangan Analitis
Tema karangan : Dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menjelaskan dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

2. Penilaian Produk : Membuat piramida penduduk

Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Skala perbandingan antara panjang batang tiap kelompok umur sama dan konsisten




Potongan gabus halus dan rata




Pemberian warna yang baik dan rapi




Piramida dapat berdiri tegak di atas bidang datar




Nilai rata-rata




Komentar
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian karangan!




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: