GEOGRAFI VIII RPP 1
BAB 1. KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator : - Menunjukkan letak geografis Indonesia
- Menganalisis kaitan letak geografis dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menyebutkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
- Menunjukkan pada peta dunia letak wilayah Indonesia dan batas-batasnya
- Mendeskripsikan kaitan letak geografis dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
- Letak Wilayah Indonesia
- Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menceritakan tentang kondisi fisik wilayah Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan penduduk.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Guru menayangkan peta Indonesia. Guru menjelaskan letak wilayah Indonesia secara garis besar dengan bantuan peta (hal 2 – 5). Siswa membaca buku dan mengamati peta wilayah Indonesia.
· Tanya-jawab tentang letak wilayah Indonesia dan kaitannya dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: secara individu siswa membuat peta wilayah Indonesia pada kertas HVS dan diberi warna. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta Dunia dan Peta Indonesia
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
- Penilaian Produk: membuat Peta Indonesia
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kelengkapan komponen peta | | | | |
Kerapihan dan kejelasan komponen peta | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan peta | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment