Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 1



GEOGRAFI VIII RPP 1
BAB 1. KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator                                 : - Menunjukkan letak geografis Indonesia
   - Menganalisis kaitan letak geografis dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menyebutkan letak astronomis dan letak geografis Indonesia
-          Menunjukkan pada peta dunia letak wilayah Indonesia dan batas-batasnya
-          Mendeskripsikan kaitan letak geografis dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
-          Letak Wilayah Indonesia
-          Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menceritakan tentang kondisi fisik wilayah Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan penduduk.
2.    Kegiatan Inti: 25 menit
·           Guru menayangkan peta Indonesia. Guru menjelaskan letak wilayah Indonesia secara garis besar dengan bantuan peta (hal 2 – 5). Siswa membaca buku dan mengamati peta wilayah Indonesia.
·           Tanya-jawab tentang letak wilayah Indonesia dan kaitannya dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia.
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan: secara individu siswa membuat peta wilayah Indonesia pada kertas HVS dan diberi warna. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Dunia dan Peta Indonesia
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
  1. Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Keaktifan




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

  1. Penilaian Produk: membuat Peta Indonesia
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kelengkapan komponen peta




Kerapihan dan kejelasan komponen peta




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan peta




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!

Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: