GEOGRAFI VIII RPP 5
BAB 2. DINAMIKA PENDUDUK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengidentifikasikan permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator :Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menyebutkan unsur-unsur dinamika penduduk (kelahiran, kematian, dan migrasi).
- Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk dan kaitannya satu sama lain.
B. Materi Pembelajaran
Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi jigsaw, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: tanya jawab tentang pengertian penduduk dan dinamika penduduk.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok menganalisa satu dari tiga faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian, dan migrasi) dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu tujuh menit untuk presentasi dan tanya jawab.
· Siswa menarik kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- World Population Datasheet 2006
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk kerja
Ø Bentuk tagihan : Diskusi jigsaw
Ø Topik diskusi : Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment