SEJARAH X RPP1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Indikator : Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul
kata dan pandangan para tokoh
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata
- Mendeskripsikan sejarah dalam pandangan para tokoh
B. Materi Pembelajaran
· Arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata
· Sejarah dalam pandangan para tokoh tentang
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menerapkan permainan “Aku Adalah” dengan menunjuk siswa secara acak untuk menyebutkan nama dan asal usul keluarganya. Siswa yang telah ditunjuk kemudian dipersilahkan menunjuk teman lain untuk melakukan hal yang sama.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata dengan peta konsep (hal 3 – 4).
· Penugasan mencari pengertian arti kata sejarah dan pandangan tokoh tentang sejarah dari situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai sejarah di buku teks (hal 4 – 7).
· Peserta didik secara individu membuat pohon silsilah keluarga dan sejarah keluarga dalam bentuk karangan (Aktivitas hal 7).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 -26)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Pembuatan pohon silsilah keluarga dan karangan tentang sejarah keluarga (Aktivitas hal 7).
Format Penilaian Silsilah Keluarga
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Ketepatan silsilah | | | |
Keakuratan nama-nama keluarga | | | |
Pemberian warna | | | |
Ketepatan penggunaan garis dan tanda penghubung silsilah | | | |
Keterangan silsilah lengkap | | | |
Kerapian | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Format Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian |
Orisinalitas karangan | | | | Karangan/penelitian merupakan hasil sendiri |
Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah Nilai | | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
2 comments:
mksh bnyk n semua materi bid studinya sgt bagus, thank u vey much, God belss u
sama-sama
Post a Comment