SENI RUPA XII SILABUS 2 IPS, Bahasa
SILABUS
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Meng-identifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara | · Karakteristik dan contoh seni rupa tradisional | · Mencari informasi dan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa tradisional | · Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa tradisional | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskanlah kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa tradisional | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—13, hlm. 44—48) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer | · Mencari informasi dan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer | · Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskanlah kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
3.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Mencari informasi tentang perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskan perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Apresiasi terhadap keunikan gagasan dalam karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Mengamati berbagai karya seni rupa modern/kontemporer dan mencatat keunggulan/cita rasa seni yang terdapat pada karya tersebut | · Mendeskripsikan keunikan gagasan dalam karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Tugas individu | · Tertulis | · Buatlah sebuah karya tulis yang berisi tanggapan pribadi tentang keunggulan/cita rasa seni dan keunikan gagasan yang terdapat pada karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Apresiasi terhadap teknik dalam perciptaan karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Mengamati teknik penciptaan berbagai karya seni rupa modern/kontemporer dan mencatat/ mendeskripsikannya | · Mendeskripsikan teknik pembuatan berbagai karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Tugas individu | · Tertulis | · Buatlah sebuah karya tulis yang berisi deskripsi cara / teknik menciptakan karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
SENI RUPA XII SILABUS 2 IPS, Bahasa
SILABUS
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa | · Pembuatan karya seni rupa murni berdasarkan corak dan teknik seni rupa | · Menentukan corak untuk seni rupa murni, lalu membuat karya seni | · Membuat karya seni rupa murni berdasarkan corak dan teknik seni rupa | · Unjuk kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa murni berdasarkan corak dan teknik seni rupa! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—74) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Pembuatan karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa | · Menentukan corak dan teknik, lalu membuat karya seni rupa terapan | · Membuat karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa | · Unjuk kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—74) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.2 Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara | · Cara membuat karya seni rupa murni berdasarkan unsur seni rupa Nusantara | · Menentukan salah satu ragam unsur seni rupa Nusantara, lalu mengembangkannya menjadi karya seni rupa murni | · Membuat sebuah karya seni rupa murni berdasarkan unsur seni rupa Nusantara | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa murni berdasarkan unsur seni rupa Nusantara! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—74) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| · Cara membuat karya seni rupa terapan berdasarkan unsur seni rupa Nusantara | · Menentukan salah satu ragam unsur seni rupa Nusantara, lalu mengembangkannya menjadi karya seni rupa terapan | · Membuat sebuah karya seni rupa terapan berdasarkan unsur seni rupa Nusantara | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—74) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah | · Persiapan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Menyiapkan, memberi label, dan menyimpan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Siapkanlah sejumlah karya seni rupa untuk dipamerkan! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 155—158) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah | · Penataan karya seni rupa dalam pameran | · Menata, menentukan letak dan ruang pameran yang sesuai untuk karya seni rupa | · Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Aturlah letak sejumlah karya seni rupa dalam ruang pameran untuk dipamerkan | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 155—158) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment