02 April 2011

Seni Rupa SMA XII Silabus 2IPS Bahasa




SENI RUPA XII SILABUS 2 IPS, Bahasa

SILABUS
Mata Pelajaran         : Seni Rupa                                                                                                             
Kelas/Semester        : XII/2
Standar Kompetensi                 : 3. Mengapresiasi karya seni rupa


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Meng-identifikasi  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

·          Karakteristik dan contoh seni rupa tradisional

·          Mencari informasi dan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa tradisional
·          Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa tradisional
·          Tugas kelompok
·          Tertulis
·          Jelaskanlah kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa tradisional
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 7—13, hlm. 44—48)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


·          Karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer

·          Mencari informasi dan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer
·          Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer
·          Tugas kelompok
·          Tertulis
·          Jelaskanlah kecenderungan karakteristik dan contoh seni rupa modern/ lontemporer
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
3.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia

·          Perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia

·          Mencari informasi tentang perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia









·          Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia
·          Tugas kelompok
·          Tertulis
·          Jelaskan perkembangan seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII   – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia

·          Apresiasi terhadap  keunikan gagasan dalam karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia

·          Mengamati berbagai karya seni rupa modern/kontemporer dan mencatat keunggulan/cita rasa seni yang terdapat pada karya tersebut
·          Mendeskripsikan keunikan gagasan dalam karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia
·          Tugas individu
·          Tertulis
·          Buatlah sebuah karya tulis yang berisi tanggapan pribadi tentang keunggulan/cita rasa seni dan keunikan gagasan yang terdapat pada karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


·          Apresiasi terhadap teknik dalam perciptaan karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia

·          Mengamati teknik penciptaan  berbagai karya seni rupa modern/kontemporer dan mencatat/ mendeskripsikannya
·          Mendeskripsikan teknik pembuatan berbagai karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia
·          Tugas individu
·          Tertulis
·          Buatlah sebuah karya tulis yang berisi deskripsi cara / teknik menciptakan karya seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 49—67)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


 

SENI RUPA XII SILABUS 2 IPS, Bahasa

SILABUS
Mata Pelajaran         : Seni Rupa                                                                                                             
Kelas/Semester        : XII/2
Standar Kompetensi : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa

·          Pembuatan  karya seni rupa murni berdasarkan corak dan teknik seni rupa

·          Menentukan corak untuk seni rupa murni, lalu membuat karya seni 

·          Membuat  karya seni rupa murni berdasarkan corak dan teknik seni rupa

·          Unjuk kerja

·          Proyek

·          Buatlah sebuah karya seni rupa murni berdasarkan corak dan teknik seni rupa!


2 x 45 menit

·          Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII   – ESIS (hlm. 7—74)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet



·          Pembuatan  karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa


·          Menentukan corak dan teknik, lalu membuat karya seni rupa terapan 

·          Membuat  karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa

·          Unjuk kerja

·          Proyek

·          Buatlah sebuah karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa!


2 x 45 menit

·          Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII   – ESIS (hlm. 7—74)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

4.2 Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara







·          Cara membuat   karya seni rupa murni berdasarkan unsur seni rupa Nusantara
·          Menentukan salah satu ragam unsur seni rupa Nusantara, lalu mengembangkannya menjadi karya seni rupa murni
·          Membuat sebuah karya seni rupa murni berdasarkan unsur seni rupa Nusantara








·          Unjuk Kerja



·          Proyek
·          Buatlah sebuah karya seni rupa murni berdasarkan unsur seni rupa Nusantara!
2 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 7—74)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

·          Cara membuat   karya seni rupa terapan  berdasarkan unsur seni rupa Nusantara
·          Menentukan salah satu ragam unsur seni rupa Nusantara, lalu mengembangkannya menjadi karya seni rupa terapan 
·          Membuat sebuah karya seni rupa terapan  berdasarkan unsur seni rupa Nusantara








·          Unjuk Kerja



·          Proyek
·          Buatlah sebuah karya seni rupa terapan berdasarkan corak dan teknik seni rupa!
2 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 7—74)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
4.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah
·          Persiapan karya seni rupa untuk dipamerkan
·          Menyiapkan, memberi label, dan menyimpan karya  seni rupa untuk dipamerkan
·          Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan
·          Unjuk Kerja



·          Proyek
·          Siapkanlah  sejumlah karya seni rupa untuk dipamerkan!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII   – ESIS (hlm. 155—158)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
4.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah
·          Penataan karya seni rupa dalam pameran
·          Menata, menentukan letak dan ruang pameran yang sesuai untuk karya seni rupa
·          Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran
·          Unjuk Kerja



·          Proyek
·          Aturlah letak sejumlah karya seni rupa dalam ruang pameran untuk dipamerkan
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA  kelas XII  – ESIS (hlm. 155—158)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                             Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                                                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                                                                                                                                                                           ........................................
NIP/NRK.......................                                                                                                                                                                                                          NIP/NRK.......................



No comments: