SEJARAH X RPP22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar : 2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di Dunia
yang Berpengaruh Terhadap Peradapan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian peradaban dan proses awal
pembentukan peradaban
- Mendeskripsikan ciri-ciri peradaban awal
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan pengertian peradaban
· Mendeskripsikan proses awal pembentukan peradaban
· Mendeskripsikan ciri-ciri peradaban awal
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian peradaban
- Proses awal pembentukan peradaban
· Ciri-ciri peradaban awal
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas portofolio
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai pengertian peradaban.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Siswa secara berkelompok mengadakan diskusi mengenai penyebab berkembangnya peradaban awal di dunia dan penyebab pusat peradaban itu berada di daerah aliran sungai? (Aktivitas hal 149).
· Siswa secara berkelompok membuat hasil diskusi dalam bentuk karangan analitis (Aktivitas hal 149). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 145 – 149)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai penyebab berkembangnya peradaban awal di dunia dan penyebab pusat peradaban itu berada di daerah aliran sungai.
· Portofolio dalam bentuk karangan analitis mengenai hasil diskusi.
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif |
| |||||||||||||||||
Penilaian kelompok | |||||||||||||||||||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | | |||||||||||||||||
2 | Kerjasama kelompok | | | | |||||||||||||||||
3 | Hasil tugas | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok | | | |||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik | |||||||||||||||||||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | | |||||||||||||||||
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | | |||||||||||||||||
3. | Inisiatif | | | | |||||||||||||||||
4. | Ketelitian | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu | | |
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan. |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian |
Orisinalitas karangan | | | | Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, dan lukisan merupakan hasil sendiri |
Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment