CONTOH SENI RUPA XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : …………..
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- menjelaskan definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni rupa modern
- menjelaskan definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni rupa kontemporer
- mendeskripsikan dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni rupa modern
- mendeskripsikan dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni rupa kontemporer
B. Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni rupa modern
· Gagasan dalam karya seni rupa kontemporer
· Teknik membuat karya seni rupa modern
· Teknik membuat karya seni rupa kontemporer
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan menjelaskan konsep seni rupa modern dan kontemporer, serta perbedaan antara keduanya.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Siswa mencari informasi di internet tentang berbagai karya seni rupa modern dan kontemporer, serta gagasan yang melatari proses penciptaannya.
4. Siswa berkumpul dalam kelompok dan bertukar informasi.
5. Siswa berdiskusi dan membuat kesimpulan tentang gagasan dalam proses penciptaan karya seni rupa modern dan kontemporer.
6. Siswa dan guru mempersiapkan pertemuan selanjutnya. Guru memperingatkan siswa untuk memperkaya sumber/bahan bacaan tentang berbagai teknik menciptakan berbagai jenis karya seni rupa modern dan kontemporer.
Pertemuan kedua
- Siswa menyiapkan hasil temuan informasi tentang teknik membuat berbagai karya seni modern dan kontemporer.
- Siswa bertanya-jawab dan diskusi berdasarkan hasil temuan siswa dari internet
- Siswa berkelompok serta membuat kesimpulan diskusi dan daftar hasil karya seni modern dan kontemporer.
- Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok serta daftar jenis karya seni dan judulnya.
C. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XII – ESIS (hlm. 14—24, hlm. 49—66, hlm. 25—29, hlm. 67--70)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
D. Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kekayaan informasi tentang berbagai karya seni rupa kontemporer | |||
Berbagai contoh tentang karya seni rupa kontemporer | |||
Kemampuan menyimpulkan definisi dan kecenderungan gagasan penciptaan karya seni rupa kontemporer berdasarkan contoh | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment