SOSILOGI SMA XII RPP7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 1. 3. Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara
sederhana.
Indikator :
· Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
· Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ Menyusun garis besar laporan
½ Menyusun hasil penelitian
½ Membuat laporan penelitian
½ Mempresentasikan hasil penelitian
B. Materi Pembelajaran
1. Penulisan Laporan Penelitian
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- tanya-jawab
- eksplorasi
- diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang pengolahan data. b. Memotivasi Guru menjelaskan metode penulisan laporan hasil penelitian. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema penulisan laporan penelitian. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang menyusun garis besar laporan penelitian, menyusun hasil penelitian, merumuskan kesimpulan dan melakukan diskusi sebelum menampilkan laporan. b. Siswa membuat susunan secara garis besar laporan penelitian berdasarkan data yang sudah diolah. c. Siswa secara berkelompok menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan. d. Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan dari hasil penelitian. e. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 177 – 181. f. Siswa secara berkelompok membacakan laporan hasil penelitian di depan kelas. Beberapa siswa dipilih sebagai presenter, moderator, penanggap, dan notulen. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang penulisan laporan penelitian. b. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi dari buku halaman 182-184. | | |
Pertemuan 2
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 172 –184.
2. Pengalaman siswa membuat laporan hasil penelitian
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
2. Laporan hasil penelitian
3. Diskusi kelompok berdasarkan laporan hasil penelitian.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui:
Jakarta, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment