CONTOH RPP SENI RUPA XI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : …………..
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
B. Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
· Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
2. Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
3. Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
4. Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
5. Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
6. Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
7. Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
C. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
D. Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | | | |
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | | | |
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | | | |
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas | | | |
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | | | |
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment