Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Seni Rupa SMA XI RPP1




CONTOH RPP SENI RUPA XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SMA/MA.                   : …………..
Mata Pelajaran            : Seni Rupa
Kelas/Semester            : XI/1
Standar Kompetensi   : 1.  Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi Dasar       : 1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya                                 di wilayah Nusantara
Alokasi Waktu            : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
  • Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya

B.     Materi Pembelajaran
·         Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·         Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
2.      Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu. 
3.      Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
4.      Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
5.      Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
6.      Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas. 
7.      Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.

C.    Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
·         Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

D.    Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: