SEJARAH XI SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia | Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia · Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha | · Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India | · Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India | · Portofolio | · Uraian Analitis | · Uraikan secara jelas tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber! (Aktivitas hal 6) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 20) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia | · Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Bangsa yang datang ke kota Mohenjo-Daro dan Harappa yang mengembangkan agama Hindu adalah ... a. Mesopotamia d. Arya b. Mesir e. Asia c. Arab (Evaluasi hal 17 – 19) · Jelaskan latar belakang perkembangan agama Hindu-Buddha di Indonesia! (Evaluasi hal 19 – 20) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 20) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia | · Mendemonstrasikan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia | · Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia (Gambar 1.5 hal 9) | · Portofolio | · Gambar Peta | · Gambarkanlah peta jalur masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 20) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Tradisi Hindu-Buddha di Indonesia | · Diskusi mengenai kontribusi kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia | · Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah kontribusi paling besar dari kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia! (Analitika hal 16) | 2x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 20) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | Indonesia Pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha · Muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Diskusi mengenai muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Kutai b. Tarumanegara c. Holing d. Melayu e. Sriwijaya f. Mataram Kuno g. Medang Kemulan h. Kediri i. Singasari j. Bali k. Pajajaran l. Majapahit | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Diskusikanlah struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 21 – 62) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Mendemonstrasikan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Kutai b. Tarumanegara c. Holing d. Melayu e. Sriwijaya f. Mataram Kuno g. Medang Kemulan h. Kediri i. Singasari j. Bali k. Pajajaran l. Majapahit | · Tes Lisan | · Soal Peta | · Tunjukkanlah wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 21 – 62) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Mencari artikel di internet mengenai kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah | · Portofolio | · Uraian Analitis | · Analisislah peninggalan-peninggalan sistem kebudayaan dari Kerajaan Tarumanegara yang masih berlaku di masyarakat kita pada saat ini! Buatlah dalam bentuk uraian analitis (Aktivitas hal 26) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 21 – 62) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Indonesia pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha | · Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Kerajaan Sriwijaya runtuh setelah diambil alih oleh kerajaan ... a. Kutai d. Majapahit b. Chola e. Melayu c. Holing (Evaluasi hal 60 – 62) · Sebutkan faktor-faktor memudarnya tradisi Hindu-Buddha pada kerajaan-kerajaan di Indonesia! (Evaluasi hal 62) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 21 – 62) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia | Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia · Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam | · Diskusi mengenai proses perkembangan Islam pada masa Khalifah Abbasiyah, Fatimiyah, dan Kordoba | · Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Buatlah kelompok diskusi yang terdiri dari 3 – 4 orang tentang perkembangan Islam pada masa Khalifah Abbasiyah, Fatimiyah, dan Kordoba dari berbagai sumber, baik internet maupun buku! (Aktivitas hal 70) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 63 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia · Tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di Indonesia | · Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di Indonesia · Mengidentifikasi pada peta tempat dan bukti penyebaran awal Islam di Indonesia | · Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia · Mengidentifikasi pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di Indonesia | · Portofolio · Tes Lisan | · Rangkuman · Soal Peta | · Buatlah rangkuman mengenai pendapat ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia berdasarkan informasi yang kamu dapat dari internet · Tunjukkanlah pada peta letak makam Fatimah Binti Maimun! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 63 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 | · Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 | · Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 | · Portofolio | · Uraian Analitis | · Analisislah proses perkembangan Islam dari zaman kerajaan hingga saat ini! Jelaskanlah faktor-faktor yang menjadi penentu mudahnya proses perkembangan Islam di Nusantara! (Aktivitas hal 78) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 63 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia | · Mendeskripsikan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia | · Mendeskripsikan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Tanda seseorang menerima agama Islam adalah ... a. sholat d. shaum b. syahadat e. zakat c. ta’awudz (Evaluasi hal 83 – 85) · Apa pengaruh Islam terhadap kebudayaan asli Nusantara! (Evaluasi hal 85) | 2x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 63 – 86) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.4. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Islam di Indonesia | Indonesia Pada Masa Kerajaan-Kerajaan Islam · Muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah · Ciri-ciri pokok sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah | · Diskusi mengenai muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah · Mengidentifikasi ciri-ciri pokok sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah | · Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah a. Samudra Pasai b. Malaka c. Aceh Darussalam d. Demak e. Banten f. Mataram Islam g. Gowa dan Tallo h. Ternate dan Tidore · Mengidentifikasi ciri-ciri pokok sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah | · Unjuk Kerja · Portofolio | · Diskusi Jigsaw · Uraian Analitis | · Diskusikanlah mengenai muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah · Sebutkan pahlawan-pahlawan Islam dan sastrawan Islam besar yang berasal dari Kerajaan Aceh! Sebutkan pula kontribusinya baik dalam hal perjuangan maupun karya sastra! (Aktivitas hal 96) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah | · Mendemonstrasikan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah | · Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah a. Samudra Pasai b. Malaka c. Aceh Darussalam d. Demak e. Banten f. Mataram Islam g. Gowa dan Tallo h. Ternate dan Tidore | · Tes Lisan | · Soal Peta | · Tunjukkanlah wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Islam! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Struktur birokrasi, hubungan pusat daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam | · Mendeskripsikan struktur birokrasi, hubungan pusat daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam | · Mendeskripsikan struktur birokrasi, hubungan pusat daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Kerajaan yang termasuk Uli Siwa adalah ... a. Halmahera d. Ambon b. Seram e. Ternate c. Bacan (Evaluasi hal 112 – 114) · Uraikan kehidupan politik di kerajaan Banten! (Evaluasi hal 114) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.5. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia | Akulturasi Kebudayaan Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia · Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | · Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | · Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah · Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah | · Unjuk Kerja · Portofolio | · Diskusi · Uraian Analitis | · Diskusikanlah mengenai warisan peninggalan pengaruh budaya Hindu-Buddha yang sampai saat ini masih secara konsisten dilaksanakan di dalam masyarakat kita! (Aktivitas hal 122) · Buatlah uraian analitis mengenai akulturasi budaya Islam dengan budaya lokal yang sampai saat ini masih diterapkan di masyarakat tempat tinggalmu, baik dalam ilmu fikih, filasafat, ekonomi, maupun sosial budaya! (Aktivitas hal 127) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 115 – 136) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Percampuran arsitektur lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia | · Menganalisis proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia | · Menganalisis proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Arca dan pahatan yang terdapat pada candi dinamakan ... a. chopper d. artefak b. flakes e. relief c. gerabah (Evaluasi hal 128 – 130 & 132 - 136) · Apakah pengaruh Islam dalam hal seni bangunan di Indonesia! (Evaluasi hal 130 & 136) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 115 – 136) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
Administrasi PBM, Sejarah SMA XI, Silabus Sejarah SMA XI, Sejarah SMA XI Silabus 1,
No comments:
Post a Comment