Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Sosiologi SMA XI RPP5




SOSIOLOGI SMA XI RPP5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  X I / 2

Standar Kompetensi     : 1.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar   : 2. 1.   Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat
                                           multikultural.                                         
Indikator                 :
·         Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·         Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·         Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·         Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. 
Alokasi Waktu        :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan pengertian kebudayaan.
2.    mengidentifikasi unsur-unsur kebudayaan.
3.    mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
4.    mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Kebudayaan
1. 1. Hakikat Kebudayaan
1. 2. Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Masyarakat.
1. 3. Dinamika Unsur-Unsur Kebudayaan

C.     Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi
  5. ceramah
  6. penugasan


D.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kebudayaan dalam masyarakat.

c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan dipelajari oleh para siswa.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya, kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama.
b.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan.
c.      Siswa membuat laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya.
d.      Siswa mengerjakan tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 115. 


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan.
b.      Siswa diberi tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya.



Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang kebudayaan. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat kebudayaan.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajarai hubungan kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam masyarakat.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang berdoa.
b.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut.
c.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128.
d.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam buku halaman 128-129.
e.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal.
f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. 


3.
Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.      Siswa diberi tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan tentang unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134.  




Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
d.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
e.       Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
f.        Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.      Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.      Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.



E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  108-134.
2.      Unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat.
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP

G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
2.      Tugas laporan wawancara siswa.
3.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  130-134               
4.      Diskusi kelompok dalam buku halaman 128-129.



Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                      Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik             Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                                    Skor 4                          6—11   = Kurang
E. Sangat Baik             Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                              2—15             = Sangat baik  
2.      Tanggung jawab individu                                                9—11              = Baik 
3.      Pemikiran                                                           6—8                = Cukup          
4.      Keberanian berpendapat                                     3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil            


Mengetahui:                                                                                       Jakarta, _____________




_____________________                                                                   ______________________
    Kepala Sekolah SMA                                                                        Guru Kelas/Bidang studi

No comments: