SOSILOGI SMA XII RPP1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.
Indikator :
· Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
· Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial.
· Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
2. mengidentifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial
3. mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial.
4. menjelaskan akibat dari perubahan sosial
B. Materi Pembelajaran
1. Perubahan Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluanb. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa perubahan yang terjadi dalam diri siswa. c. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan mempelajari hakikat dan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. d. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Setelah itu, siswa memperhatikan skema perubahan sosial yang digambar oleh guru. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian perubahan sosial, pandangan para tokoh tentang perubahan sosial, teori utama pola perubahan sosial, dan teori-teori modern mengenai perubahan sosial. b. Siswa bisa menggali informasi dari berbagai informasi tentang perubahan sosial misalnya, di perpustakaan atau pengalaman di sekitarnya. c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 10. d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru memandu diskusi secara klasikal. e. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang diskusi yang telah dilakukan. f. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian perubahan sosial. b. Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitar lingkungannya dan membuat karangan tentang perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. c. Siswa mempersiapkan kamera untuk foto perubahan sosial untuk pertemuan berikutnya. | | |
Pertemuan 2
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa berupa karangan tentang perubahan sosial dalam masyarakat. b. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan mempelajari bentuk-bentuk perubahan sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar bentuk-bentuk perubahan sosial dalam masyarakat.. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk perubahan sosial. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 14. c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian para siswa ditugaskan untuk memotret perubahan-perubahan sosial yang terjadi di sekitar lingkungan sekolahnya. d. Siswa membuat laporan singkat tentang obyek foto yang diambil kepada guru. e. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang bentuk-bentuk perubahan sosial. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara tertulis. b. Siswa diberi tugas untuk mencetak foto lalu siapkan untuk pameran. | | |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar bentuk-bentuk perubahan sosial. b. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan mempelajari faktor-faktor pendorong dan penghambat serta dampak perubahan sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar mode pakaian atau foto yang diambil oleh para siswa. . | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut. b. Siswa bisa menonton film tentang perubahan sosial. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 19 dan 24. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 24-25. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak sosialnya. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang dipelajari tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut. b. Siswa diberi tugas untuk membuat kliping dengan analisa tentang faktor pendorong terjadinya perubahan itu. Selain itu, siswa juga ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab 1 dari halaman 26-30. | | |
Pertemuan 4
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 2-30.
2. Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 26-30.
2. Karangan siswa tentang perubahan sosial dalam masyarakat.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 24-25.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment