There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

02 April 2011

Sejarah SMA X RPP12




SEJARAH X RPP12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi               : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Mendeskripsikan Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian
                                                         Sejarah
Indikator                                 : Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian
                                                  sejarah lisan
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan wawancara dalam sejarah lisan
  • Mendeskripsikan sejarah lisan sebagai metode, sumber, dan peluang
  • Mendeskripsikan sikap kritis terhadap narasumber

B.     Materi Pembelajaran
·         Wawancara dalam sejarah lisan
·         Sejarah lisan sebagai metode, sumber, dan peluang
·         Sikap kritis terhadap narasumber

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai pengertian wawancara.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian wawancara dalam sejarah lisan (hal 89).
·         Siswa membaca peluang-peluang yang diberikan oleh sejarah lisan bagi pengembangan substansi penulisan sejarah (hal 91 – 92).
·         Bersama-sama melakukan tanya jawab mengenai kritik narasumber.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan ditugaskan untuk mencari sebuah fenomena atau berita yang berasal dari narasumber sejarah lisan. Siswa membuat uraian analitis tentang kredibilitas nara sumber dan isi kisah atau fenomena tersebut dalam bentuk portofolio (Aktivitas hal 94). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 89 – 94)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
  • Tape recorder
  • Daftar pertanyaan wawancara

F.      Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk karangan analitis mengenai fenomena atau yang berasal dari narasumber sejarah lisan (Aktivitas hal 94).

Format Penilaian Portofolio


Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema. dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
Penutup



Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
Orisinalitas karangan



Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah





Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: