02 April 2011

Sosiologi SMA XI RPP6



SOSIOLOGI SMA XI RPP6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  X I / 2

Standar Kompetensi     : 1.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar   : 2. 2.   Menganalisis  perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
                                           multikultural.                                        
Indikator                 :
·         Mengidentifikasi kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·         Mengklasifikasikan kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·         Mendeskripsikan  dimensi hubungan antarkelompok sosial.
·         Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu        :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    mendeskripsikan pengertian kelompok sosial.
2.    mengidentifikasi tipe-tipe kelompok sosial
3.    mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial
4.    mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Kelompok sosial

C.     Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi
  5. ceramah
  6. penugasan

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam masyarakat.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe kelompok sosial.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146.
c.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial!
d.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.
e.      Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.
b.      Siswa melakukan post test berupa pertanyaan essey.
c.       Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman 146.




Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat yang ada di daerah siswa.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. 


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat.
b.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat.
c.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151.
d.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 151.
e.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang dipelajari bersama.


3.
Kegiatan Akhir
a.      Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156.
b.      Siswa diberi tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan minoritas. Dan bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut.  







Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
d.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
e.       Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
f.        Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.      Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.      Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.




E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  136-156.
2.      Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP

G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
2.      Tugas laporan wawancara siswa.
3.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  153-156.
4.      Diskusi kelompok dalam buku halaman 140 dan 152-153.








Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                      Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik             Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                                    Skor 4                          6—11   = Kurang
E. Sangat Baik             Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst









Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                              2—15             = Sangat baik  
2.      Tanggung jawab individu                                                9—11              = Baik 
3.      Pemikiran                                                           6—8                = Cukup          
4.      Keberanian berpendapat                                     3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil            


Mengetahui:                                                                                       Jakarta, _____________




_____________________                                                                   ______________________
    Kepala Sekolah SMA                                                                        Guru Kelas/Bidang studi


No comments: