SEJARAH X RPP10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian
Sejarah
Indikator : - Mendeskripsikan sumber sejarah, bukti, dan fakta sejarah
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan sumber sejarah
- Mendeskripsikan bukti sejarah
- Mendeskripsikan fakta sejarah
B. Materi Pembelajaran
- Sumber sejarah
- Bukti sejarah
- Fakta sejarah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas peta konsep
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru mengajukan gambar naskah proklamasi (hal 81) dan bertanya kepada siswa mengenai makna dari naskah tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan materi sumber, bukti, dan fakta sejarah (hal 80 - 83).
· Guru memberikan contoh sumber, bukti, dan fakta sejarah.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
· Mengerjakan tugas individu mencari sebuah fakta sejarah dari artikel atau internet dan menentukan apakah fakta sejarah tersebut termasuk fakta mental atau fakta sosial dalam bentuk uraian analitis (Aktivitas hal 83).
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 80 – 83)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk karangan analitis mencari sebuah fakta sejarah dari artikel atau internet dan menentukan apakah fakta sejarah tersebut termasuk fakta mental atau fakta sosial (Aktivitas hal 83).
Format Penilaian Portofolio
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan. |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian |
Orisinalitas karangan | | | | Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri |
Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment