Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Seni Rupa SMA X RPP6




SENI RUPA SMA X RPP6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ……………..
Mata Pelajaran                        : Seni rupa
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi               : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Merancang dan membuat karya seni rupa                                                            terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di                                                     wilayah Nusantara
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • menunjukkan hasil karya seni rupa 2 dimensi buatan sendiri
  • menunjukkan hasil karya seni rupa 3 dimensi buatan sendiri
  • menggambar wajah sesuai tahap-tahap yang benar
  • menunjukkan hasil karya ragangan buatan sendiri

B.   Materi Pembelajaran
  • Seni rupa 2 dimensi
  • Seni  rupa 3 dimensi
  • Teknik menggambar wajah dan meragang

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, praktik, bermain.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
  1. Siswa membaca ulasan singkat tentang seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi yang ada di buku teks.
  2. Siswa mengerjakan latihan halaman 91—92.
  3. Guru menugaskan siswa untuk membawa pensil gambar atau limbah kayu pada pertemuan selanjutnya. Tugas ini disesuaikan dengan keinginan siswa atau keinginan kelas secara umum; siswa ingin belajar menggambar wajah atau membuat seni ragang. Siswa memilih salah satu tugas tersebut. 

Pertemuan kedua
  1. Siswa menyiapkan peralatan gambar/limbah kayu.
  2. Siswa mulai berlatih menggambar wajah/meragang (tugas a dan b hlm. 92—95).
  3. Hasil karya dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ketiga
  1. Siswa mengumpulkan tugas menggambar wajah/hasil karya meragang.
  2. Siswa ditugasi mengerjakan latihan I hlm. 95—100.
  3. Guru menugasi siswa untuk mengerjakan tugas VI di rumah.

Pertemuan keempat
  1. Siswa mengumpulkan 2 tugas terakhir.
  2. Siswa diajak mengunjungi sebuah galeri/studio seni rupa dan ditugasi membuat laporan inventarisasi hasil karya 2 dimensi dan 3 dimensi (tugas VII hlm. 104).
  3. Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan kelima
  1. Siswa mengumpulkan tugas laporan.
  2. Siswa mengerjakan latihan VIII hlm 104—106.

E. Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
  • Buku sumber Seni Rupa SMA dan MA kelas X – ESIS (hlm. 86—106)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F. Penilaian
·     Tugas a dan b hlm 92—95.

 

Lembar Penilaian

Menggambar wajah
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Meragang
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Siswa mampu menggambar wajah sesuai tahap-tahapnya



Siswa dapat membuat karya kreatif



Gambar cukup rapi dan  berciri khas



Siswa dapat membuat karya imajinatif



Siswa mampu menggambar ekspresi marah



Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika



Siswa mampu menggambar ekspresi senang dan tertawa



Karya memiliki fungsi tertentu



Siswa mampu menggambar ekspresi sedih dan menangis



Karya memiliki nilai dan makna tertentu



Siswa mampu menggambar ekspresi lain selain ketiga ekspresi di atas



Bentuk karya seni tidak lagi menunjukkan asal-usul elemen dasarnya









Kolom penilaian tugas inventarisasi karya seni rupa (tugas VII hlm. 104)

Aspek penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Siswa mampu menyajikan gambar karya seni rupa 2 dimensi



Siswa mampu menyajikan gambar karya seni rupa 3 dimensi



Siswa mampu melakukan penggolongan jenis karya



Siswa mampu menjelaskan bahan-bahan yang terdapat dalam karya seni



Siswa mampu menjelaskan fungsi karya seni



Siswa mampu menyajikan laporan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Kalimat laporan jelas dan mudah dipahami




                                                                     
Mengetahui,                                                                Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                            Guru Mata Pelajaran


……………………........                                            ........................................
NIP/NRK.......................                                             NIP/NRK.......................

No comments: