SOSIOLOGI SMA XI RPP2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan masyarakat.
Indikator :
· Mendeskrispsikan stratifikasi sosial
· Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
· Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan latar belakang timbulnya stratifikasi sosial
2. menjelaskan dasar dan unsur-unsur stratifikasi sosial
3. menjelaskan sifat dan fungsi stratifikasi sosial
4. mengidentifikasi berbagai bentuk stratifikasi sosial
5. membedakan berbagai pengaruh stratifikasi sosial berdasarkan, pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat Stratifikasi Sosial
2. Wujud Stratifikasi Sosial
3. Sistem Stratifikasi yang Pernah Ada di Indonesia
4. Konsekuensi Stratifikasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluanb. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan struktur dan diferensiasi sosial. c. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang stratifikasi sosial. d. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran tentang stratifikasi sosial yang ditampilkan oleh siswa di power point atau OHP. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku. b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru tentang hakikat stratifikasi sosial. c. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat stratifikasi sosial, dan wujud stratifikasi sosial. d. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 28 dan 32. e. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan pengaruh positif dan negatif akibat adanya stratifikasi sosial di Indonesia. f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal. g. Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang stratifikasi sosial dan membuat laporan tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial. | | |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat dan wujud stratifikasi sosial.. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran dari guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi dalam masyarakat. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” c. Siswa membuat bagan stratifikasi sosial dalam masyarakat tempat tinggalnya. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 42-43. e. Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Siswa membuat tulisan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat. c. Siswa mempersiapkan diri untuk ulangan blok. | | |
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 20-48
2. Kehidupan dalam masyarakat
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 28 dan 32
2. Hasil laporan atau tulisan siswa
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 42-43.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 44 - 48.
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment