02 April 2011

Sosiologi SMA X RPP6




SOSIOLOGI SMA X RPP6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                      :
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Kelas/semester                     :  X/ 2

Standar Kompetensi           : 2 .   Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.                           
Kompetensi Dasar               :  2.3. Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Indikator                               :
1.       Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
2.       Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
3.       Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga social
4.       Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat

Alokasi Waktu                     :  6  x 40 menit ( 4 x  Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.     mengklasifikasikan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
2.     mendeskripsikan cara pengendalian sosial
3.     memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
                                    

B.      Materi Pembelajaran

1.       Hakikat Pengendalian Sosial
2.       Cara Pengendalian Sosial
3.       Peran Lembaga Formal dan Informal dalam Pengendalian Sosial

C.      Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. diskusi

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran


1.       Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.

Pendahuluan

a.        Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial.
b.       Memotivasi
Guru memberi penjelasan tentang tujuan mempelajari pengendalian sosial.
c.        Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
10 Menit

2.

Kegiatan Inti

a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengendalian sosial dan cara-cara pengendalian sosial.
b.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus seorang pencopet yang dikeroyok massa.
c.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas.
d.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 142, dan 147.
e.      Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi siswa.

60 Menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat dan cara-cara pengendalian sosial dan siswa mencatat beberapa hal yang penting tentang pengendalian sosial.
b.       Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
c.        Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan atau seleberan yang berisi ajakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial.
 
10 Menit




2.       Pertemuan II


No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.

Pendahuluan

a.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, dan menanyakan cara-cara pengendalian sosial.
b.       Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari agen-agen pengendalian sosial di dalam masyarakat.
10 Menit

2.

Kegiatan Inti

a.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang agen-agen pengendalian sosial dalam masyarakat.
b.       Siswa membacakan tugas untuk mencatat beberapa agen pengendalian sosial di dalam masyarakat.
c.        Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang didapat di dalam surat kabar, majalah, atau di dalam buku halaman 149.
d.       Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
e.        Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
f.        Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada buku halaman 149. Kemudian mengumpulkannya kepada guru untuk dinilai.
60 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman agen-agen pengendalian sosial dalam masyarakat.
b.       Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
c.        Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mewawancarai pengurur RT atau RW tentang aturan-aturan yang ada dalam masyarakat sebagai bagian dari pengendalian sosial.
 
10 menit








3.       Pertemuan III.

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.

Pendahuluan

a.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok
b.       Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mengadakan ulangan blok.


2.

Kegiatan Inti

a.       Siswa mendapatkan lembaran  soal yang dibagikan oleh guru.
b.       Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru.
c.        Siswa mengumpulkan hasilnya jika telah selesai dikerjakan.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa dan guru menjawab bersama-sama soal-soal yang telah dikerjakan.
b.       Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil ulangan siswa
c.        Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari lagi materi tentang pengendalian sosial.



E.       Sumber pembelajaran:
1.       Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 140-153
2.       Peraturan perundang-undangan
3.       Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
4.       Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.       Media
1.        Papan tulis
2.        Lembar soal
3.        Transparan Konsep
4.        Power Point
5.        OHP

G.      Penilaian
1.       Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 142, 1147, dan 149  ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 3)
2.       Penilaian Tugas halaman 147..
Contoh format penilain tugas!
           
No
Nama Siswa
Kesesuaian materi dengan tugas
Ide/komentar
Kerapian/Tampilan
Jumlah Nilai
1





2





dst.














3.       Penilaian diskusi


No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama














LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                                           Jumlah skor:
A. Tidak Baik       Skor 1                                                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik    Skor 2                                                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik     Skor 3                                                    12—17 = Cukup
D. Baik                  Skor 4                                                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik     Skor 5







FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI


No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                                          Rentang skor : 1—3
1.       Aktivitas dalam kelompok                                                    2—15                    = Sangat baik                      
2.       Tanggung jawab individu                                                      9—11                     = Baik   
3.       Pemikiran                                                                                  6—8                       = Cukup               
4.       Keberanian berpendapat                                                       3—5                       = Kurang             
5.       Keberanian tampil 

4.       Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52

5.       Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 151-153




Mengetahui:                                                                                                 Jakarta, _____________




_________________                                                                                 ______________________
 Kepala Sekolah SMA                                                                                 Bidang studi


No comments: