SENI RUPA SMA X RPP3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ……………..
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 2.1. Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- membuat karya seni hias dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni patung dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni bangunan dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni anyaman dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni tembikar dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni ukir dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni sesajen dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni lukisan wayang dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat ilustrasi naskah dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
B. Materi Pembelajaran
- Seni hias
- Seni patung
- Seni bangunan
- Seni anyaman
- Seni tembikar
- Seni ukir
- Seni sesajen
- Lukisan wayang
- Ilustrasi naskah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas penyusunan kronologi dan peta konsep.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
- Siswa membaca ulasan tentang berbagai jenis karya seni pada buku teks halaman 36—45.
- Siswa membuat kesimpulan tentang karya-karya seni rupa Nusantara dalam 5 kalimat singkat dan padat.
- Siswa mengumpulkan tugas.
Pertemuan kedua
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mengerjakan latihan V halaman 57.
- Siswa mencari situs-situs tentang pusat seni yang ada di Indonesia melalui media internet.
- Siswa membuat kliping berdasarkan informasi yang berhasil mereka temukan
Pertemuan ketiga
- Siswa mengumpulkan tugas kliping yang mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa mengerjakan latihan I halaman 48, nomor 1—20.
Pertemuan keempat
- Siswa mengumpulkan latihan yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa melanjutkan mengerjakan latihan I nomor 21—41.
Pertemuan kelima
- Siswa mengumpulkan latihan yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa mengerjakan latihan VII pada halaman 58.
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk kegiatan pertemuan selanjutnya.
Pertemuan keenam
- Siswa berkumpul dalam kelompok.
- Siswa mengunjungi pusat kerajinan dan membuat profil lengkap pusat kerajinan tersebut (latihan VI halaman 57).
- Guru memberi pekerjaan rumah kepada siswa, yaitu mengerjakan latihan III halaman 56 (menginventarisasi benda seni yang ada di rumah siswa).
Pertemuan ketujuh
- Siswa mengumpulkan dua tugas yang telah diamanatkan guru pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa mengerjakan latihan halaman 58—60.
- Guru menugaskan siswa membawa peralatan dan perlengkapan untuk mengerjakan tugas IV pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan kedelapan
- Siswa mengerjakan tugas IV halaman 57 dengan peralatan yang mereka persiapkan.
Pertemuan kesembilan
- Siswa melanjutkan mengerjakan tugas IV hingga selesai.
- Siswa mengumpulkan tugas.
- Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
- Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
- Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – ESIS (hlm. 36—60)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Penilaian latihan IV
Aspek Penilaian | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Siswa dapat membuat karya kreatif | | | |
Siswa dapat membuat karya imajinatif | | | |
Karya memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika | | | |
Karya memiliki fungsi tertentu | | | |
Karya memiliki nilai dan makna tertentu | | | |
· Penilaian latihan V
Aspek penilaian | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Siswa mampu menemukan situs tentang pusat seni terapan | | | |
Siswa menyertakan foto hasil karya seni yang ada di pusat seni tersebut | | | |
Siswa mencantumkan nama tempat, daerah.lokasi, | | | |
Siswa menyertakan jenis-jenis barang kesenian yag terdapat di daerah itu | | | |
Siswa menyertakan berbagai informasi penting lainnya tentang tempat itu (misalnya workshop seni yang pernah diadakan di sana, pameran terakhir, bazar, dan lain-lain) | | | |
· Penilaian latihan VI
Aspek penilaian | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Siswa mampu mengungjungi satu pusat kerajinan atau studio | | | |
Profil memuat nama tempat, alamat, peta lokasi, waktu buka (hari dan jam) | | | |
Profil memuat nama pendiri dan pengelola, tanggal berdirinya, tujuan didirikan | | | |
Profil memuat jenis seni yang terdapat di dalamnya dan contoh nama-nama hasil karya (misalnya lampion, lukisan kaca) | | | |
Profil memuat foto karya seni | | | |
Profil memuat berbagai kegiatan yang pernah diadakan di tempat itu (misalnya workshop, pameran) | | | |
Profil memuat sarana penunjang apresiasi seni yang ada di tempat itu | | | |
Profil memuat informasi lain yang dapat membuat orang lain tertarik untuk datang ke tempat itu. | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
VI Contoh Profil
Nama Galeri: Maya Gallery
Lokasi: Kemang Utara, Jakarta Selatan
Pengelola: Maya Stanley
Tanggal berdiri: 3 Juni 1996
Waktu buka: setiap hari, pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam
Jenis barang yang dipamerkan
- lukisan
- keramik
- karya seni instalasi
Sarana : ruang pameran
: ruang lelang
: ruang workshop
: kolam renang dan kafe
: lapangan parkir
VII
Istilah | Definisi |
religius | Ketuhanan, keilahian |
estetis | Bersifat indah |
relief | Gambar timbul, misalnya gambar pahatan pada dinding candi |
gerabah | Alat-alat masak yang terbuat dari tanah liat |
metakosmos | Sesuatu yang ada di luar/di balik dunia yang kita diami |
tembikar | Barang-barang, seperti periuk, pot bunga, dan lain-lain |
artistik | bersifat/mengandung unsur seni tinggi |
sajen | Sajian berupa makanan-makanan, bunga, dan benda-benda lain yang disajikan kepada dewa atau makhluk halus |
simbol | Lambang, hal yang melambangkan |
makrokosmos | Alam semesta yang melingkupi kita |
mikrokosmos | alam/dunia kecil yang menjadi bagian dari alam semesta |
Wayang beber | Wayang yang media pentasnya berupa lukisan wayang pada kain/kertas lebar yang dibentangkan ketika pentas/ketika dalang bercerita |
visualisai | Penggambaran |
lampion | Pelita yang ditutupi tudung berbentuk bulat/kotak yang terbuat dari kertas |
ekspresi | Ungkapan perasaan (jiwa) |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment