SEJARAH X RPP18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisa Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
Indikator : Menjelaskan penemuan manusia purba dan hasil budayanya
Alokasi Waktu : 2x45 menit (pertemuan kedua 1x45 menit)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Menjelaskan penemuan jenis-jenis manusia purba
· Menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba
B. Materi Pembelajaran
- Jenis-jenis manusia purba
- Hasil kebudayaan manusia purba
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai materi yang telah diajarkan minggu lalu.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba (hal 125 - 129).
· Siswa secara berkelompok melakukan diskusi mengenai faktor-faktor yang mendasari Kebudayaan Pacitan dan Kebudayaan Ngandong menjadi titik sentral proses penemuan bukti-bukti arkeologis di Indonesia (Aktivitas hal 129)
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 122 -129)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai faktor-faktor yang mendasari Kebudayaan Pacitan dan Kebudayaan Ngandong menjadi titik sentral proses penemuan bukti-bukti arkeologis di Indonesia (Aktivitas hal 129).
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif |
| |||||||||||||||||
Penilaian kelompok | |||||||||||||||||||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | | |||||||||||||||||
2 | Kerjasama kelompok | | | | |||||||||||||||||
3 | Hasil tugas | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok | | | |||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik | |||||||||||||||||||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | | |||||||||||||||||
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | | |||||||||||||||||
3. | Inisiatif | | | | |||||||||||||||||
4. | Ketelitian | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu | | |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment