SENI RUPA XII SILABUS 2 IPA
SILABUS
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Membandingkan corak seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer | · Corak seni rupa tradisional | · Mencari informasi tentang ciri khas corak seni rupa tradisional | · Mendeskripsikan ciri khas corak seni rupa tradisional | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskan yang kamu ketahui tentang corak dalam karya seni rupa tradisional! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—14, hlm. 44—49) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Corak seni rupa modern/kontemporer dan perbandingannya dengan seni rupa tradisional | · Mencari informasi tentang ciri khas corak seni rupa modern/kontemporer, lalu membandingkannya dengan seni rupa tradisional | · Mendeskripsikan ciri khas corak seni rupa modern/kontemporer dan membandingkannya dengan seni rupa tradisional | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskan perbedaan corak dalam karya seni rupa tradisional dan corak dalam karya seni rupa modern/kontemporer! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—25, hlm. 44—69) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
3.2 Menjelakan perkembangan seni rupa modern / kontemporer di Indonesia | · Perkembangan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia | · Mendeskripsikan semua hal yang terjadi atau yang berubah dalam seni rupa modern/ kontemporer di Indonesia | · Mendeskripsikan segala hal yang terjadi dan berubah dalam seni rupa modern / kontemporer di Indonesia | · Tugas Individu | · Tertulis | · Jelaskan perkembangan yang terdapat dalam seni rupa modern / kontemporer di Indonesia! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 81—108) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/ kontemporer Indonesia dengan memperhatikan konteks kehidupan masyarakat | · Apresiasi terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern Indonesia | · Mengkaji konteks kehidupan masyarakat untuk mengapresiasi keunikan gagasan seni rupa modern Indonesia | · Mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern Indonesia | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Apa gagasan yang terkandung dalam karya seni rupa modern Indonesia berikut ini? | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 14—25, hlm. 44—49) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Apresiasi terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa kontemporer | · Mencari informasi tentang gagasan karya seni rupa kontemporer | · Memberikan komentar terhadap gagasan dan teknik berbagai karya seni rupa kontemporer. | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Apa gagasan yang terkandung dalam karya seni rupa kontemporer Indonesia berikut ini? | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 25—29, 67—70) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
SENI RUPA XII SILABUS 2 IPA
SILABUS
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Menggambar teknik/ perspektif lanjutan | · Gambar perspektif | · Belajar membuat gambar perspektif dan berbagai tekniknya. | · Mampu menggambar dengan teknik perspektif | · Unjuk kerja | · Portofolio | · Buatlah sebuah gambar perspektif dengan 2 titik buta! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 144—150) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.2 Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa | · Pembuatan karya seni rupa dengan corak tertentu | · Belajar membuat karya seni rupa murni dengan corak tertentu | · Mampu membuat hasil karya dengan corak tertentu. | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa murni dengan corak tertentu! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—24, hlm. 44—69) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Pembuatan karya seni rupa dengan teknik tertentu | · Belajar membuat karya seni rupa murni dengan teknik tertentu | · Mampu membuat hasil karya dengan teknik tertentu. | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa murni dengan teknik tertentu! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 7—103) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.3 Menyiapkan karya seni rupa yang telah diciptakan untuk pameran di sekolah atau luar sekolah | · Cara mempersiapkan karya seni rupa untuk pameran | · Menyiapkan, memberi label, dan menyimpan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Siapkanlah sejumlah karya seni rupa untuk dipamerkan! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 155—158) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah | · Cara menata karya seni rupa untuk pameran | · Menata, menentukan letak dan ruang pameran yang sesuai untuk karya seni rupa | · Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Aturlah letak sejumlah karya seni rupa dalam ruang pameran untuk dipamerkan | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS (hlm. 155—158) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
Administrasi PBM, Seni Rupa SMA XII, RPP Seni Rupa SMA XII, Seni Rupa SMA XII Silabus 2IPA,
No comments:
Post a Comment