02 April 2011

Sejarah SMA X RPP24




SEJARAH X RPP24

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi               : 2.  Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di Dunia
                                                         yang Berpengaruh Terhadap Peradapan Indonesia
Indikator                                 : Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning
                                                  (Hwang-Ho)
-       Dinasti Shang dan Yin
-       Dinasti Chou
-       Dinasti Chin
-       Dinasti Han
-       Dinasti Tang
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang-Ho)

-          Dinasti Shang dan Yin
-          Dinasti Chou
-          Dinasti Chin
-          Dinasti Han
-          Dinasti Tang


B.     Materi Pembelajaran
·         Peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang-Ho)

-          Dinasti Shang dan Yin
-          Dinasti Chou
-          Dinasti Chin
-          Dinasti Han
-          Dinasti Tang


C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas portofolio

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai Great Wall.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menerangkan materi peradaban lembah Sungai Kuning dengan transparansi peta konsep (hal 153 - 159).
·         Siswa secara individu membuat rangkuman tentang pemikiran salah seorang tokoh filsafat Cina (Tao-Tse, Kong Fu Tse, atau Meng-Tse! Carilah informasi dari berbagai sumber yang ada! Agar lebih baik, lengkapi rangkuman Anda dengan gambar tokohnya (Aktivitas hal 159).
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 153 – 159)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.      Penilaian
  • Portofolio dalam bentuk rangkuman tentang pemikiran salah seorang tokoh filsafat Cina (Tao-Tse, Kong Fu Tse, atau Meng-Tse (Aktivitas hal 159).

Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
Penutup



Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
Orisinalitas karangan



Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, dan lukisan merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: