SOSIOLOGI SMA X RPP4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
Indikator :
1. Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
2. Mendeskripsikan peran nilai dasn norma daslam sosialisasi
3. Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia.
4. Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
5. Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.
6. Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
7. Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskripsikan hakikat sosialisasi.
2. mendeskripsikan peran nilai dan norma sosial dalam proses sosialisasi
3. mengidentifikasi faktor-faktor pembentukan kepribadian
4. membuat tulisan berdasarkan data sekunder atau primer tentang hubungan pembententukan kepribadian dengan kebudayaan.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat Sosialiassi
2. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
3. Agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara singkat tentang pentingnya sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. Misalnya, dengan proses sosialisasi individu dapat menyesuaikan prilaku dengan apa yang dianggap baik oleh masyarakat dan memperoleh konsep tentang diri. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa memperhatikan guru menampilkan bagan proses pembelajaran sosialisasi dan pembentukan kepribadian lewat OHP, atau membuat di papan tulis. b. Siswa mendengarkan penjelasan tentang hakikat sosialisasi, dan proses sosialsasi dan pembentukan kepribadian. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 98, dan 104. d. Siswa mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai. e. Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku dan mengamati faktor-faktor sosialisasi yang mempengaruhi perkembangan kepribadiannya. f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. g. Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hakikat sosialisasi dan proses serta pembentukan kepribadian. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi. c. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang pengaruh pengaruh nilai dan norma dalam pembentukan kepribadian. | 10 Menit | |
2. Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru menjelaskan tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan mempelajari agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa memperhatikan bagan agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. Kemudian siswa, boleh membuat catatan singkat tentang bagan tersebut. b. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. c. Siswa mengerjakan sendiri uji penguasaan materi pada buku halaman 110. d. Siswa mendiskusikan masalah pada buku halaman 111. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa. c. Penugasan Guru memberi tugas menulis membuat tulisan berdasarkan data kepribadian siswa. | 10 Menit | |
3. Pertemuan III.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan diadakan ulangan blok. | 5 Menit | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendapatkan lembaran soal dan lembar jawaban. b. Siswa secara sendiri mengerjakan soal-soal yang dibagikan oleh guru. c. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru untuk dinilai. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa c. Penugasan Guru memberi tugas mempelajari kembali materi yang baru saja dijadikan bahan ulangan umum. | 15 Menit | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 94-116
2. Masalah-masalah sosial
3. Peraturan perundang-undangan
4. Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
5. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 104
2. Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 104
Contoh format penilain tugas!
No. | Kesesuian materi | Kerapian | Jumlah |
| | | |
| | | |
3. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 114-116.
Mengetahui: Jakarta, _____________
_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Bidang studi
No comments:
Post a Comment