Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Sejarah SMA X RPP20




SEJARAH X RPP20

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi               : 2.  Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menganalisa Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
Indikator                                 : Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem
kepercayaan awal
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat berburu dan berpindah tempat
·         Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat bercocok tanam dan beternak
·         Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat perundagian

B.     Materi Pembelajaran
  • Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat berburu dan berpindah tempat
  • Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat bercocok tanam dan beternak
  • Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat perundagian

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai pengertian teknologi dan sistem kepercayaan.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan materi perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat (hal 133 - 136).
·         Siswa secara individu membuat skema perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat berburu dan berpindah tempat, bercocok tanam dan beternak, dan perundagian (Aktivitas hal 136).
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 133 – 136)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.      Penilaian
  • Portofolio dalam bentuk penyusunan skema mengenai perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat berburu dan berpindah tempat, bercocok tanam dan beternak, dan perundagian (Aktivitas hal 136).

Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
Penutup



Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
Orisinalitas karangan



Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah





Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: