SEJARAH X RPP3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Indikator : Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi,
dan kronologi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Menjelaskan pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi
- Mendeskripsikan suatu kejadian termasuk ke dalam generalisasi, periodisasi, dan kronologi sejarah
- Memberikan contoh tentang generalisasi, periodisasi, dan kronologi
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas penyusunan kronologi dan peta konsep, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menayangkan gambar pertumbuhan manusia dari bayi sampai dewasa disertai dengan peristiwa yang dialami manusia tersebut dan menanyakan kepada siswa maksud dari gambar tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan materi generalisasi, periodisasi, dan kronologi (hal 14 – 18).
· Guru memperlihatkan contoh kronologi dari peristiwa-peristiwa bersejarah di Indonesia (skema hal 17).
· Peserta didik menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas (Aktivitas hal 18).
· Tanya jawab tentang generalisasi, periodisasi, dan kronologi.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 14 – 18)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Portofolio dengan menyusun periodisasi hidup
Penilaian peta konsep
Format Penilaian Penyusunan Periodisasi Hidup
|
Nama Peserta Didik | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
| Struktur/logika dan keakuratan penulisan periodisasi hidup | | | |
| Orisinalitas periodisasi hidup | | | |
| Kreativitas bentuk | | | |
| Penggunaan warna | | | |
| Jumlah Nilai | | | |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment