SEJARAH XI SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial | Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia · Merkantilisme dan Kapitalisme | · Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia | · Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia | · Portofolio | · Rangkuman | · Buatlah rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia | · Mendemonstrasikan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia · Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia | · Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia · Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia | · Tes Lisan · Portofolio | · Soal Peta · Uraian Analitis | · Tunjukkanlah jalur kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia! · Buatlah uraian analitis mengenai pengaruh kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia terhadap perkembangan masyarakat! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia | · Mendiskusikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia | · Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah tentang pengaruh kegiatan perdagangan dengan bangsa Eropa terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia! (Aktivitas hal 153) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial | · Mendiskusikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial | · Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah tentang kegagalan proses industrialisasi di Indonesia pada masa kolonial! Diskusikanlah pula tentang proses perkembangan tata ruang kota Indonesia pada masa kolonial! (Aktivitas hal 162) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing | · Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing | · Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Sultan Hasanuddin adalah tokoh perlawanan menghadapi VOC dari daerah ... a. Ternate d. Mataram b. Tapanuli e. Maluku c. Makassar (Evaluasi hal 167 – 169) · Apa yang dimaksud dengan kebijakan kerja paksa! (Evaluasi hal 169) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan | Kesadaran Kebangsaan di Asia dan Afrika · Faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran nasionalisme di Asia dan Afrika | · Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran berbangsa di Asia dan Afrika | · Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia | · Portofolio | · Uraian Analitis | · Baca lebih banyak sumber buku dan artikel mengenai faham-faham yang telah diuraikan sebelumnya! Lalu, berilah pendapat Anda tentang masing-masing kebaikan dan kelemahan setiap faham dalam bentuk uraian analitis! (Aktivitas 176) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 171 – 190) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika | · Mendiskusikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika | · Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika a. Filipina b. Malaysia c. Vietnam d. India e. Mesir | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Diskusikanlah pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 171 – 190) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia | · Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia | · Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Faham sosialisme masuk ke Indonesia melalui perantara ... a. Soebandrio d. Semaun b. Tan Malaka e. D.N. Aidit c. Sneevliet (Evaluasi hal 187 – 190) · Sebutkan faktor-faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda di Indonesia! (Evaluasi hal 190) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 171 – 190) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Latar belakang lahirnya nasionalisme di Indonesia | · Mendiskusikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia | · Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda · Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia | · Unjuk Kerja · Portofolio | · Diskusi · Uraian Analitis | · Diskusikanlah pengaruh sistem tanam paksa, politik etis, perkembangan media komunikasi-transportasi, dan nasionalisme di Asia-Afrika bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia! (Aktivitas hal 196) · Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi! (Aktivitas hal 196) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia | · Mendiskusikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia | · Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia | · Unjuk Kerja · Portofolio | · Diskusi · Uraian Analitis | · Diskusikanlah pengertian nasionalisme dan peranannya dalam masyarakat sekarang! (Aktivitas hal 200) · Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi! (Aktivitas hal 200) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia | · Mendiskusikan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia | · Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Diskusikanlah perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
· Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia | · Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia | · Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Ketua Partai Nasional Indonesia adalah ... a. Soekarno d. Husni Thamrin b. Muso e. Budiarto c. Dewi Sartika (Evaluasi hal 226 – 228) · Jelaskan latar belakang didirikannya GAPI! (Evaluasi hal 228) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia | Pendudukan Jepang atas Indonesia · Latar belakang Jepang menguasai Indonesia | · Menonton film The Last Samurai tentang Restorasi Meiji Jepang atau membaca berbagai literatur mengenai Restorasi Meiji | · Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia | · Portofolio | · Uraian Analitis | · Carilah dan tontonlah film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise! Kaitkan dan analisislah cerita dalam film tersebut dengan Restorasi Meiji pada abad ke-19! Buatlah tulisan berbentuk analisis tentang nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samura dan digantikan oleh para Shogun? (Analitika 244) | 2x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 229 – 248) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Zaman pendudukan Jepang di Indonesia | · Mendeskripsikan zaman pendudukan Jepang di Indonesia | · Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan · Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah | · Portofolio · Tes Tertulis | · Karya Tulis dan Gambar · Pilihan Ganda · Uraian | · Buatlah atau carilah sebuah gambar yang menceritakan tentang kekejaman pendudukan Jepang di Indonesia! Lalu, buatlah sebuah karya tulis mengenai opini dan pandanganmu tentang kekejaman kolonialisme Jepang! (Aktivitas 244) · Pemberontakan terhadap Jepang yang dilakukan di Aceh dipmpin oleh ... a. Tengku Abdul Jalil b. H. Madriyan c. Zaenal Mustofa d. Teuku Hamid e. Supriyadi (Evaluasi hal 245 – 248) · Adakah pemberontakan pada masa pendudukan Jepang? Uraikan! (Evaluasi hal 247) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 229 – 248) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
SEJARAH XI SILABUS 2
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/2
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia | Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi Indonesia · Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia | · Mendiskusikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia | · Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia! | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 249 – 285) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
· Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Pengganti Lenin untuk memimpin Uni Sovyet adalah ... a. Thorsky d. Zinonov b. Stalin e. Lazimir c. Nicolas (Evaluasi hal 276 – 278) · Uraikan pengaruh peristiwa penting di Eropa dengan kehidupan Indonesia! (Evaluasi hal 278) | 3x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 249 – 285) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet | |
3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | · Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | · Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Revolusi Inggris pertama berkembang di ... a. Portugis d. Inggris b. Spanyol e. Amerika Serikat c. Belanda (Evaluasi hal 279 – 285) · Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh Revolusi Industri! (Evaluasi hal 285) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 249 – 285) · Peta konsep · Power point · OHP/Slide · Buku penunjang · Internet |
No comments:
Post a Comment