SOSILOGI SMA XII RPP3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lembaga sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. menjelaskan hakikat lembaga sosial
1. 2. Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial.
1. 3. Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.
Indikator :
· Menjelaskan pengertian lembaga sosial
· Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
· Mengidentifikasi tipe-tipe lembaga sosial
· Menguraikan hubungan antar lembaga sosial
· Menguraikan peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik-ekonomi.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ memberi pengertian mengenai lembaga sosial
½ memahami proses pertumbuhan pranata sosial
½ mengerti fungsi, karakteristik, dan tipe lembaga sosial
½ mengetahui macam-macam lembaga sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Lembaga Sosial
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- tanya-jawab
- eksplorasi
- diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluanb. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan modernisasi dan globalisasi. c. Memotivasi Siswa menyebutkan beberapa lembaga sosial dalam masyarakat. d. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema lembaga sosial yang dibuatkan oleh guru atau lihat dalam buku halaman 58. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 64 dan 65. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perjudian yang ada dalam masyarakat. e. Sisiwa membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Kelompok yang lain bisa menyangga dan menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. b. Siswa mengadakan post test tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. | | |
Pertemuan 2
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial. b. Memotivasi Siswa menyebtukan jenis-jenis lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Guru memberi tahu beberapa lembaga sosial dalam masyarakat. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis lembaga sosial. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 82. c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan lembaga-lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. Misalnya, menulis proses upacara perkawinan dan fungsi tahapan-tahapan dalam upacara perkawinan tersebut, bentuk kekerabatan, pembayaran mas kawin, pola meneta sesudah perkawinan, serta susunan keluarga. d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. e. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi siswa. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang jenis-jenis lembaga sosial dalam masyarakat. b. Siswa diberi tugas untuk membuat laporan secara individu tentang proses perkawinan di daerahnya atau di lingkungan keluarganya. c. Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 83-86. | | |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 57 - 86.
2. Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 83-86.
2. Laporan siswa tentang lembaga perkawinan.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 82.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Jakarta, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment