Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Sosiologi SMA XII RPP3



SOSILOGI SMA XII RPP3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  XII / 1

Standar Kompetensi     : 1.     Memahami lembaga sosial
Kompetensi Dasar        :  1. 1. menjelaskan hakikat lembaga sosial
                                              1. 2. Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial.
                                                   1. 3. Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.                                                                        
Indikator                 :
·         Menjelaskan pengertian lembaga sosial
·         Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
·         Mengidentifikasi tipe-tipe lembaga sosial
·         Menguraikan hubungan antar lembaga sosial
·         Menguraikan peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik-ekonomi.
Alokasi Waktu        :  6 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½  memberi pengertian mengenai lembaga sosial
½  memahami proses pertumbuhan pranata sosial
½  mengerti fungsi, karakteristik, dan tipe lembaga sosial
½  mengetahui macam-macam lembaga sosial.
                                

B.     Materi Pembelajaran

1.      Lembaga Sosial

C.     Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. tanya-jawab
  4. eksplorasi
  5. diskusi
  6. ceramah

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 
Pertemuan 1

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
b.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan modernisasi dan globalisasi.
c.       Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa lembaga sosial dalam masyarakat.
d.      Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema lembaga sosial yang dibuatkan oleh guru atau lihat dalam buku halaman 58.   


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.
b.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.
c.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 64 dan 65.
d.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perjudian yang ada dalam masyarakat.
e.      Sisiwa membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Kelompok yang lain bisa menyangga dan menanggapi hasil diskusi kelompok tersebut.
f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.
b.      Siswa mengadakan post test tentang hakikat lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.




Pertemuan 2

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar lembaga sosial dan tipe-tipe lembaga sosial.
b.      Memotivasi
Siswa menyebtukan jenis-jenis lembaga sosial yang ada dalam masyarakat.
c.       Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu beberapa lembaga sosial dalam masyarakat.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis lembaga sosial.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 82.
c.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan lembaga-lembaga sosial yang ada dalam masyarakat. Misalnya, menulis proses upacara perkawinan dan fungsi tahapan-tahapan dalam upacara perkawinan tersebut, bentuk kekerabatan, pembayaran mas  kawin, pola meneta sesudah perkawinan, serta susunan keluarga.
d.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
e.      Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi siswa.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang jenis-jenis lembaga sosial dalam masyarakat.
b.       Siswa diberi tugas untuk membuat laporan secara individu tentang proses perkawinan di daerahnya atau di lingkungan keluarganya.
c.       Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 83-86. 




Pertemuan 3

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.      Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membahas  pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
b.      Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.




E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS  halaman 57 - 86.
2.      Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP

G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 83-86.
2.      Laporan siswa tentang lembaga perkawinan.
3.      Diskusi kelompok dalam buku halaman 82.




Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                      Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik             Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                                    Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik             Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                              2—15             = Sangat baik  
2.      Tanggung jawab individu                                                9—11              = Baik 
3.      Pemikiran                                                           6—8                = Cukup          
4.      Keberanian berpendapat                                     3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil         


Jakarta, _____________




_____________________                                                                   ______________________
Kepala Sekolah SMA                                                                  Guru Kelas/Bidang studi

No comments: