SOSIOLOGI SMA X RPP3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola
ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator :
· Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
· Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
· Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskripsikan pengertian interaksi sosial
2. mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
3. mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan organisasi sosial..
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat Interaksi Sosial
2. Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
3. Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
4. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas) b. Memotivasi Guru menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku. b. Guru menjelaskan hakikat interaksi sosial dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada buku halaman 61 dan 68. d. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru. e. Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial. f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok. g. Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. b. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut. | 10 Menit | |
2. Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran. b. Memotivasi Guru menjelaskan pentingya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengar penjelasan guru tentang pengertian status dan peranan individu dalam interaksi sosial dan mengukur hubungan individu dalam interaksi sosial. b. Siswa megerjakan tugas yang ada pada uji penguasaan materi dalam buku halaman 73. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. d. Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 73. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal. f. Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok. c. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. | 10 menit | |
5. Pertemuan III.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas). b. Memotivasi Guru menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam keteraturan sosial. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial. b. Siswa secara sendiri-sendiri mencari bahan tentang bentuk interaksi sosial dari sumber lain. c. Siswa mengerjakan soal yang ada dalam uji penguasaan materi. d. Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 82. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhira. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang bentuk-bentuk interaksi sosial. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok. c. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri untuk ulangan blok. | 10 Menit | |
Pertemuan IV
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok. b. Memotivasi Guru menjelaskan tujuan ulangan blok. | 5 Menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Guru membagikan soal yang telah disiapkan oleh guru. b. Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru. c. Siswa mengumpulkan pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. | 65 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membahas bersama soal-soal yang telah dikerjakan. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap ulangan blok siswa c. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengulangi materi yang telah menjadi bahan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 54 - 86
2. Masalah-masalah sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 61, 68, 73.
2. Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 82
3. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 84-86
4. Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Bidang studi
No comments:
Post a Comment