Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Sosiologi SMA XI RPP7




SOSIOLOGI SMA XI RPP7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 1

Standar Kompetensi   : 1.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2. 3.   Menganalisis  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
                                           multikultural.
Indikator                :
·         Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
·         Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
·         Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
·         Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
·         Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.
Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
2.    menganalisis dinamika kelompok dalam masyarakat multikultural
3.    mendeskripsikan realitas masyarakat Indonesia sebagai masyarakat multikultural.
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Masyarakat Multikultural

C.    Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi
  5. ceramah
  6. penugasan











D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan siswa.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari masyarakat multikultural.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema msyarakat multikultural.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa menjawab pertanyaan tentang kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.
b.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang masyarakat multikultural dan multikulturalisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya masyarakat multikultural.
c.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 160 dan 162.
d.      Siswa mengarang tentang masyarakat multikultural.
e.      Siswa merancang sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaiannya terhadap multikulturalisme.
f.      Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa oleh guru.
g.      Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang masyarakat multikultural. 


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan tentang masyarakat multikultural.
b.      Siswa diberi tugas untuk menyempurnakan karangannya agar bisa dikirim ke media massa.

















Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas  berupa karangan untuk diseleksi guru.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan  mempelajari realitas sosial masyarakat Indonesia.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan beberapa gambaran yang telah dibuat oleh guru tentang realitas sosial dan mewujudkan masyarakat multikultural. 


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pengelompokkan masyarakat Indonesia.
b.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang realitas sosial masyarakat Indonesia dan mewujudkan masyarakat multikultural. Serta Manfaat masyarakat multikultural.
c.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku  halaman 169 dan 170.
d.      Siswa membuat ulasan berdasarkan pengamatannya tentang hal-hal positif yang ada dalam masyarakat.
e.      Siswa mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 172-173. 
f.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
g.      Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari. 


3.
Kegiatan Akhir
a.      Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 174-177.
b.      Siswa diberi tugas untuk mengerjakan tugas tentang mafnaat yang dirasakan dalam kegiatan di sekolah. Dan merancang untuk kegiatan diskusi atau seminar.   













Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
d.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
e.       Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
f.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.      Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.      Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.




E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  158-177
2.      Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP

G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
2.      Tugas laporan wawancara siswa.
3.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  174-177.
4.      Diskusi kelompok dalam buku halaman   172-173. 



Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20



LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                       Jumlah skor:
A. Tidak Baik          Skor 1                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik        Skor 2                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik         Skor 3                    12—17 = Cukup
D. Baik                   Skor 4                    6—11   = Kurang
E. Sangat Baik        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst









Keterangan:                                                              Rentang skor : 1—3
1.    Aktivitas dalam kelompok                                 2—15          = Sangat baik        
2.    Tanggung jawab individu                                  9—11           = Baik
3.    Pemikiran                                                        6—8             = Cukup      
4.    Keberanian berpendapat                                   3—5             = Kurang    
5.    Keberanian tampil        


Mengetahui:                                                                                      Jakarta, _____________




_____________________                                                                   ______________________
    Kepala Sekolah SMA                                                                        Guru Kelas/Bidang studi

No comments: