Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Seni Rupa SMA X Silabus 2



SENI RUPA X SILABUS 2

SILABUS
Mata Pelajaran                         : Seni Rupa                                                                                                             
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi                : 3. Mengapresiasi karya seni rupa


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Meng-identifikasi  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

·          Bahan  seni hias, seni patung, seni wayang, seni sesajen, seni tembikar, seni anyaman
·          Siswa membaca ulasan singkat tentang berbagai jenis bahan untuk membuat karya seni hias
·          Siswa mencoba mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam berbagai  karya seni hias
·          Siswa mampu menyebutkan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias


·          Siswa mampu menjelaskan bahan yang digunakan dalam berbagai  karya seni hias

·          Tugas individu




·          Tes tulis


·          Sebutkan bahan-bahan untuk membuat seni anyaman!



1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 63—65)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Teknik seni anyaman, seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang
·          Siswa membaca ulasan singkat tentang berbagai teknik  membuat karya seni hias
·          Siswa mengidentifikasi teknik yang digunakan  dalam berbagai  karya seni hias
·          Siswa mampu menyebutkan berbagai teknik yang dapat diterapkan dalam membuat karya seni hias

·          Siswa mampu menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias
·          Portofolio



·          Laporan pengamatan

·          Jelaskan dengan singkat cara membuat tembikar!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 65—68)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni sesajen, seni wayang
·          Siswa membaca ulasan singkat tentang nilai-nilai yang terkandung dalam berbagai karya seni hias
·          Siswa menjelaskan nilai yang tekandung dalam  berbagai karya seni hias
·          Siswa mampu menyebutkan berbagai nilai yang dapat terkandung dalam berbagai karya seni hias


·          Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai dalam berbagai karya seni hias
·          Tugas individu










·          Tertulis











·          Apa yang Anda ketahu tentang seni wayang?
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 68—71)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
·          Pembuatan  karya seni hias dengan bahan, teknik, dan nilai yang ditentukan sendiri
·          Siswa membuat karya seni hias dengan bahan, teknik, dan nilai yang ditentukan sendiri berdasarkan kreativitas masing-masing
·          Siswa mampu menunjukkan hasil karya seni hias buatan tangan  sendiri dan dapat menjelaskan bahan, teknik, dan nilainya.
·          Portofolio



·          Proyek
·          Buatlah sebuah karya seni terapan sesuai dengan keinginan Anda!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 82)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


No comments: