SENI RUPA X SILABUS 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Meng-identifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara | · Bahan seni hias, seni patung, seni wayang, seni sesajen, seni tembikar, seni anyaman | · Siswa membaca ulasan singkat tentang berbagai jenis bahan untuk membuat karya seni hias · Siswa mencoba mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam berbagai karya seni hias | · Siswa mampu menyebutkan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias · Siswa mampu menjelaskan bahan yang digunakan dalam berbagai karya seni hias | · Tugas individu | · Tes tulis | · Sebutkan bahan-bahan untuk membuat seni anyaman! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 63—65) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Teknik seni anyaman, seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang | · Siswa membaca ulasan singkat tentang berbagai teknik membuat karya seni hias · Siswa mengidentifikasi teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias | · Siswa mampu menyebutkan berbagai teknik yang dapat diterapkan dalam membuat karya seni hias · Siswa mampu menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias | · Portofolio | · Laporan pengamatan | · Jelaskan dengan singkat cara membuat tembikar! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 65—68) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni sesajen, seni wayang | · Siswa membaca ulasan singkat tentang nilai-nilai yang terkandung dalam berbagai karya seni hias · Siswa menjelaskan nilai yang tekandung dalam berbagai karya seni hias | · Siswa mampu menyebutkan berbagai nilai yang dapat terkandung dalam berbagai karya seni hias · Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai dalam berbagai karya seni hias | · Tugas individu | · Tertulis | · Apa yang Anda ketahu tentang seni wayang? | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 68—71) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara | · Pembuatan karya seni hias dengan bahan, teknik, dan nilai yang ditentukan sendiri | · Siswa membuat karya seni hias dengan bahan, teknik, dan nilai yang ditentukan sendiri berdasarkan kreativitas masing-masing | · Siswa mampu menunjukkan hasil karya seni hias buatan tangan sendiri dan dapat menjelaskan bahan, teknik, dan nilainya. | · Portofolio | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni terapan sesuai dengan keinginan Anda! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 82) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
No comments:
Post a Comment