02 April 2011

Sosiologi SMA XII RPP4




SOSILOGI SMA XII RPP4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  XII / 1

Standar Kompetensi     : 1.     Mempraktekkan metode penelitian sosial
Kompetensi Dasar        :  1. 1. Merancang metode penelitian secara sederhana                                                                                                       
Indikator                 :
·         Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
·         Menentukan topik atau judul penelitian.
·         Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.

Alokasi Waktu        :  6 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½  mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian.
½  menentukan topik atau judul penelitian
½  merumuskan masalah penelitian
½  merumuskan rancangan penelitian sosial budaya
½  memilih metode penelitian
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Penelitian Sosial

C.     Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. tanya-jawab
  4. eksplorasi
  5. diskusi
  6. ceramah

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang lembaga sosial.
b.      Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran penelitian sosial.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema penelitian sosial.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses berpikir, dan rancangan penelitian.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 106, dan 111.
c.      Siswa memberi tanggapan tertulis tentang hubungan karya seorang pengarang dengan keadaan sosial masyarakat.
d.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa mendiskusikan penelitian seseorang tentang kecenderungan anak-anak menggunakan waktu luangnya untuk bermain playstation.
e.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
b.      Siswa mengadakan post test tentang proses berpikir dan rancangan penelitian.




Pertemuan 2

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar proses berpikir dan rancangan penelitian.
b.      Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilik topik atau judul, merumuskan masalah, memilih sampel, dan syarat-syarat data yang baik..
c.       Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara menentukan topik yang baik, merumuskan masalah, memilih sampel, dan memilih data.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik, merumuskan pertanyaan masalah, memilih sampel penelitian dan data.
b.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul penelitian, lalu merumuskan masalah, menentukan sampel penelitian, dan memperkirakan data yang akan diperoleh.
c.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
d.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 121.
e.      Siswa dan guru membuat rangkuman bersama.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa diberi tugas untuk membuat penelitian sendiri, merumuskan masalah, dan merancang penelitian.
b.       Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 122-126.




Pertemuan 3

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.      Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membahas  pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.
b.      Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.




E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS  halaman 88-126.
2.      Pengalaman siswa tentang penelitian sosial
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP
G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
2.      Laporan siswa tentang hasil penelitian sederhana


Mengetahui:                                                                                   
   Jakarta, _____________


_____________________                                                                   ______________________
Kepala Sekolah SMA                                                                  Guru Kelas/Bidang studi

No comments: