SENI RUPA SMA X RPP1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : …………..
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- mendeskripsikan pengertian seni rupa Nusantara
- mendeskripsikan seni rupa zaman prasejarah di Nusantara (gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di daerah setempat)
- mendeskripsikan generalisasi, periodisasi, dan kronologi
- mendeskripsikan seni rupa zaman Islam
- mendeskripsikan pengaruh seni rupa Cina terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, pola wastra, dan perabot atau benda-benda rumah tangga)
- mendeskripsikan pengaruh seni rupa Kolonial terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, busana, dan perabot rumah tangga)
- mendeskripsikan latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
B. Materi Pembelajaran
· Seni rupa Nusantara; serta perkembangan, sejarah, dan latar belakang sosial budayanya
· Seni rupa zaman prasejarah
· Seni rupa zaman Hindu-Buddha
· Seni rupa zaman Islam
· Seni rupa pengaruh Cina
· Seni rupa pengaruh Kolonial
· Latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Guru menjelaskan arti “seni rupa Nusantara” dengan peta konsep (hlm. 2).
4. Siswa ditugasi mencari informasi dengan kata kunci “seni rupa Nusantara” di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
5. Siswa mengumpulkan hasil pencarian informasi dari internet.
6. Siswa dan guru mempersiapkan pertemuan selanjutnya. Guru memperingatkan siswa untuk memperkaya sumber/bahan bacaan tentang seni rupa Nusantara.
Pertemuan kedua
- Siswa menyiapkan hasil temuan informasi tentang seni rupa Nusantara dari berbagai sumber.
- Siswa bertanya-jawab dan diskusi berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pembagian sejarah seni rupa Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 3–18), kemudian mencatat hasil diskusi.
- Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
Pertemuan ketiga
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan II dan III (hlm. 30—31).
- Siswa melengkapi tabel pada Latihan II dan III.
Pertemuan keempat
- Siswa secara individual mengerjakan latihan V (hlm. 31).
- Siswa mengumpulkan tugas.
Pertemuan kelima
- Siswa secara individual mengerjakan latihan VII (hlm. 32). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
- Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
- Menarik kesimpulan materi.
C. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – ESIS (hlm. 1–34)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
D. Penilaian
- Latihan II dan III hlm. 30—31.
Format Penilaian
Latihan | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
II | Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya | | | | |
III | Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah | | | |
Jumlah karya seni yang diamati di rumah | | | | |
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya | | | | |
Profil rumah mudah dipahami | | | | |
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan semua periode seni | | | |
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya | | | |
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya | | | |
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah | | | |
Kedalaman pengetahuan tentang istilah | | | |
Ketepatan definisi untuk tiap istilah | | | |
Definisi bersifat objektif | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment