Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Seni Rupa SMA X RPP1



SENI RUPA SMA X RPP1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : …………..
Mata Pelajaran                        : Seni Rupa
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi               : 1.  Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keunikan                                                    gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan                                                       daerah setempat
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • mendeskripsikan pengertian seni rupa Nusantara
  • mendeskripsikan seni rupa zaman prasejarah di Nusantara (gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di daerah setempat)
  • mendeskripsikan generalisasi, periodisasi, dan kronologi
  • mendeskripsikan seni rupa zaman Islam
  • mendeskripsikan pengaruh seni rupa Cina terhadap seni rupa di Nusantara  (arsitektur, pola wastra, dan perabot atau benda-benda rumah tangga)
  • mendeskripsikan pengaruh seni rupa Kolonial terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, busana, dan perabot  rumah tangga)
  • mendeskripsikan latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara

B.     Materi Pembelajaran
·         Seni rupa Nusantara; serta perkembangan, sejarah, dan latar belakang sosial budayanya
·         Seni rupa zaman prasejarah
·         Seni rupa zaman Hindu-Buddha
·         Seni rupa zaman Islam
·         Seni rupa pengaruh Cina
·         Seni rupa pengaruh Kolonial
·         Latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.      Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.      Guru menjelaskan arti “seni rupa Nusantara” dengan peta konsep (hlm. 2).
4.      Siswa ditugasi mencari informasi dengan kata kunci “seni rupa Nusantara” di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
5.      Siswa mengumpulkan hasil pencarian informasi dari internet.
6.      Siswa dan guru mempersiapkan pertemuan selanjutnya. Guru memperingatkan siswa untuk memperkaya sumber/bahan bacaan tentang seni rupa Nusantara.

Pertemuan kedua
  1. Siswa menyiapkan hasil temuan informasi tentang seni rupa Nusantara dari berbagai sumber.
  2. Siswa bertanya-jawab dan diskusi berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pembagian sejarah seni rupa Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 3–18), kemudian mencatat hasil diskusi.
  3. Siswa mengumpulkan hasil diskusi.

Pertemuan ketiga
  1. Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan II dan III (hlm. 30—31).
  2. Siswa melengkapi tabel pada Latihan II dan III.

Pertemuan keempat
  1. Siswa secara individual mengerjakan latihan V (hlm. 31).
  2. Siswa mengumpulkan tugas.

Pertemuan kelima
  1. Siswa secara individual mengerjakan latihan VII (hlm. 32). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
  2. Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
  3. Menarik kesimpulan materi.

C.    Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
·         Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – ESIS (hlm. 1–34)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

D.    Penilaian
  • Latihan II dan III hlm. 30—31.


Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




  • Latihan V (hlm. 31).


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai




  • Latihan VII (hlm. 32)

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: