SOSILOGI SMA XII RPP2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap
kehidupan masyarakat. .
Indikator :
· Memberikan contoh kasus dampak perubahan sosial.
· Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
· Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati
diri bangsa
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½ menjelaskan pengertian modernisasi dan globalisasi
½ memberi contoh dampak modernisasi dan globalisasi
½ mengidentifikasi tantangan global terhadap eksistensi jati diri bangsa
½ mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri.
B. Materi Pembelajaran
1. Dampak Perubahan Sosial
2. Modernisasi dan globalisasi
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- tanya-jawab
- eksplorasi
- diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluanb. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar modernisasi dan globalisasi. c. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud dari pembelajaran tentang modernisasi dan globalisasi. d. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan modernisasi dan globalisasi serta skema perubahan sosial. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan modernisasi dan globalisasi. b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang modernisasi:pengertian, ciri manusia modern, syarat-syarat modernisasi, sikap mental manusia modern, gejala-gejala modernisasi, dan pengertian dan proses terjadinya globalisasi. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 36 dan 40. d. Siswa menguraikan dampak modernisasi tentang perubahan sosial budaya seperti kasus dalam buku halaman 36 dan 40. e. Siswa memberi tanggapan atas kasus tersebut. Guru memandu jalannya diskusi kelas. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang dampak modernisasi terhadap perubahan sosial dan budaya. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian modernisasi dan globalisasi. b. Siswa mengadakan post test tentang pengertian modernisasi dan globalisasi. c. Siswa membaca beberapa artikel tentang modernisasi dan globalisasi lalu memberi tanggapan sederhana. | | |
Pertemuan 2
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar modernisasi dan globalisasi. b. Memotivasi Siswa menyebtukan gejala-gejala modernisasi dan globalisasi. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan contoh-contoh gejala-gejala modernisasi dan globalisasi. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa memperhatikan gambar-gambar yang menunjukkan gejala modernisasi dan globalisasi. b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang gejala-gejala modernisasi dan globalisasi serta dampak dan tantangan di masa yang akan datang. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 43, 48, dan 50. d. Siswa mendeskripsikan gejala modernisasi dan globalisasi yang terjadi dalam bidang-bidang tertentu dan pengaruhnya bagi masyarakat Indonesia. Siswa dapat membuatnya dalam bentuk tabel. e. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa guru. f. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 51. g. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas. h. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa tersebut. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang gejala modernisasi dan globalisasi, pengaruh dan tantangan di masa yang akan datang. b. Siswa diberi tugas untuk membuat karangan berupa artikel atau essey tentang upaya menanggapi tantangan globalisasi di masa depan. c. Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 53-56. | | |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 32- 56
2. Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
3. Alat-alat teknologi komunikasi dan transportasi.
4. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 26-30.
2. Karangan siswa tentang tantangan globalisasi di masa yang akan datang.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 51.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui:
Jakarta, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment