SENI RUPA XI SILABUS 2 IPA
SILABUS
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Mencari informasi tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Siswa mampu mendeskripsikan ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskan yang kamu ketahui tentang ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Mencari informasi tentang bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Siswa mampu menyebutkan bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Jelaskan yang kamu ketahui tentang bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
3.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Mengkaji sebuah karya seni dan mengidentifikasikan gagasan dan teknik yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Membuat komentar ilmiah/apresiasi terhadap gagasan dan teknik yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Apa gagasan yang terkandung dalam karya seni rupa terapan berikut ini? | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
SILABUS IPA
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 4. Membuatkarya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Menggambar teknik atau proyeksi | · Gambar teknik | · Belajar membuat gambar teknik | · Mampu menggambar dengan teknik atau proyeksi | · Unjuk kerja | · Portofolio | · Buatlah sebuah gambar teknik atau proyeksi ! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.2 Merancang karya seni rupa dengan mempertimbagkan fungsi dan corak seni rupa terapan | · Konsep fungsi dan corak dalam seni rupa terapan | · Mencari informasi tentang fungsi dan corak seni rupa terapan, serta memperhatikan karya seni dan mengidentifikasi fungsi dan coraknya | · Mampu merancang fungsi dan corak seni rupa terapan. | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Jelaskan fungsi dan corak dalam seni rupa terapan berikut ini! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Perancangan karya seni rupa terapan | · Belajar merancang karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu | · Mampu merancang hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Buatlah rancangan/ rencana proyek karya seni rupa terapan dengan memperhatikan fungsi dan corak eni rupa Nusantara! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
4.3 Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan | · Pembuatan karya seni rupa terapan | · Belajar membuat karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu | · Mampu membuat hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni rupa terapan dengan memperhatikan fungsi dan corak eni rupa Nusantara! | 3 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.4 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah | · Cara mempersiapkan karya seni rupa untuk pameran | · Menyiapkan, memberi label, dan menyimpan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Siapkanlah sejumlah karya seni rupa untuk dipamerkan! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
4.4 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah | · Konsep pameran seni rupa | · Mecari informasi tentang pameran seni rupa dan berbagai tema/konsepnya | · Menjelaskan berbagai tema/konsep pameran seni rupa | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Apa kang kamu ketahuitentang pameran seni rupa? | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Cara menata karya seni rupa sesuai konsep pameran | · Menata, menentukan letak dan ruang pameran yang sesuai untuk karya seni rupa | · Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Aturlah letak sejumlah karya seni rupa dalam ruang pameran untuk dipamerkan | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment