Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Seni Rupa SMA X RPP4




SENI RUPA SMA X RPP4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Mata Pelajaran                        : Seni rupa
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi               : 3.  Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik                                                   dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • menyebutkan  dan menjelaskan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias.
  • menyebutkan dan menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias.
  • menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai dalam berbagai karya seni hias.

B.   Materi Pembelajaran
·         Bahan  seni hias, seni patung, seni wayang, seni sesajen, seni tembikar, seni anyaman.
·         Teknik seni anyaman, seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang.
·         Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni sesajen, seni wayang.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan diskusi, latihan, praktik.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
  1. Siswa membaca materi tentang bahan, teknik, dan nilai karya seni Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 63—71).
  2. Siswa membuka internet dan mencari situs yang memuat profil pusat kerajinan Nusantara.
  3. Siswa membuat profil pusat kerajinan (tugas IV hlm. 82).
  4. Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan kedua
  1. Siswa mengumpulkan tugas pertemuan sebelumnya.
  2. Siswa membuka internet untuk memeroleh informasi dan mengunduh gambar-gambar karya seni rupa terapan untuk pengerjaan tugas II hlm 81.
  3. Siswa mendaftar karya-karya seni tersebut dan menjelaskan bahan dan teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni tersebut (mengerjakan tugas II hlm 81).
  4. Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.


Pertemuan ketiga
  1. Siswa mengumpulkan tugas pertemuan sebelumnya.
  2. Siswa mengerjakan latihan I hlm. 73—80.
  3. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas V hlm. 82. Pengerjaan tugas ini dilakukan pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan keempat
  1. Siswa mengunjungi pusat kerajinan (kegiatan ini dapat dilanjutkan di luar jam belajar sebagai PR kelompok).
  2. Siswa membuat laporan kunjungan, dilengkapi dengan teknik singkat pembuatan karya seni yang telah diamati secara langsung (latihan V hlm. 82).
  3. Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan kelima
  1. Siswa mengumpulkan tugas pertemuan sebelumnya.
  2. Siswa mengerjakan latihan VI hlm. 82—84.
  3. Guru menugaskan siswa memikirkan proyek pembuatan karya seni terapan (tugas III hlm. 82).

E. Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
  • Buku sumber Seni Rupa SMA dan MA kelas X – ESIS (hlm. 62—84)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F. Penilaian
Tugas II hlm. 81
Aspek penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Siswa mampu melengkapi daftar dengan 5 jenis karya atau lebih dari 5 jenis karya



Siswa mampu menyebutkan daerah-daerah penghasil tiap karya seni, minimal 3 nama daerah



Siswa mampu mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tiap karya seni 



Siswa mampu menjelaskan proses pembuatan karya seni secara teliti dan berurutan





Tugas V hlm. 82
Aspek penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Siswa mampu menemukan satu tempat pusat kerajinan



Siswa mampu membuat cerita singkat pengalaman mereka mengunjungi tempat tersebut



Siswa mampu menunjukkan bukti dokumentasi kunjungan mereka secara konkret (contoh hasil karya, brosur, foto, atau rekaman kamera digital)



Siswa mampu menjelaskan teknik/proses pembuatan karya seni secara jelas dan terperinci



Siswa mampu menjelaskan fungsi karya seni



Siswa mampu menyajikan laporan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Kalimat laporan jelas dan mudah dipahami




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                                Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                            Guru Mata Pelajaran


……………………........                                            ........................................
NIP/NRK.......................                                             NIP/NRK.......................        


No comments: