SOSIOLOGI SMA X RPP2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :
· Menjelaskan nilai dan norma.
· Membedakan nilai dan norma.
· Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
· Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (2 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskripsikan pengertian nilai sosial.
2. mendeskrispsikan ciri-ciri, fungsi, dan macam-macam nilai sosial
3. menjelaskan pengertian norma sosial
4. menjelaskan macam-macam norma sosial
5. mengidentifikasi tingkatan norma dalam masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat Nilai dan Macam-Macam Nilai Sosial
2. Hakikat Norma, Tingkatan, dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa atau mengumpulkan tugas, kebersihan kelas dan lain-lain) b. Memotivasi Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Untuk apa nilai dan norma sosila dalam hidup bermasyarakat. c. Guru menjelaskan tentang tentang tujuan pembelajaran nilai dan norma sosial. | 10 menit | |
2. | Kegiatan Inti 1. Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang nilai dan macam-macam nilai sosial. 2. Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang ada dalam buku halaman 33. 3. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru membuat kesimpulan. 4. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 37. 5. Siswa dibagikan dalam beberapa kelompok. Kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat. Dan nilai-nilai apa saja yang mempengaruhi dirinya. 6. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. 7. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. | 60 menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 40. b. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk menanyakkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. | 10 menit | |
2. Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa kebersihan kelas dan lain-lain) b. Memotivasi Guru menjelaskan tentang norma-norma yang ada dalam masyarakat. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan seputar peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan tujuan mempelajari norma yang ada dalam masyarakat. | 10 Menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian norma, tingkatan dan macam-macam norma. b. Siswa menulis beberapa norma yang berlaku dalam masyarakat. c. Salah seorang siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas. d. Siswa memperhatikan guru membuat bagan perbedaan antara norma-norma yang ada dalam masyarakat. Kemudian siswa membuatnya sendiri. e. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusian pertanyaan berdasarkan kasus yang ada dalam buku halaman 46. f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi. g. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir a. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang pengertian norma dan macam-macam norma dalam masyarakat. b. Penugasan Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang sudah diajarkan untuk mempersiapkan ulangan blok. | 10 menit | |
3. Pertemuan III.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan a. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk mengikuti ulangan blok. Menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti ulangan blok b. Memotivasi Guru mengajak siswa untuk mengingat pelajaran yang sudah dipelajari terutama tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. | 5 Menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa dibagikan soal-soal yang sudah disiapkan oleh guru. Bentuk soal-soalny adalah pilihan ganda dan uraian serta skala sikap. b. Siswa mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru. | 60 Menit | |
3. | Kegiatan Akhir c. Refleksi Siswa dan guru menjawab bersama soal-soal yang sudah dikerjakan. d. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa dalam ulangan blok e. Penugasan Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan yang berikut. | 15 Menit | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 32-52
2. Masalah-masalah sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
Mengetahui: Jakarta, _____________
_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment