Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Sejarah SMA X RPP17




SEJARAH X RPP17

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/2
Standar Kompetensi               : 2.  Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menganalisa Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
Indikator                                 : Menjelaskan penemuan manusia purba dan hasil budayanya
Alokasi Waktu                        : 2x45 menit (pertemuan pertama 1x45 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menjelaskan penemuan jenis-jenis manusia purba
·         Menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba

B.     Materi Pembelajaran
  • Jenis-jenis manusia purba
  • Hasil kebudayaan manusia purba

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai pengertian manusia purba.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan penemuan dan jenis-jenis manusia purba (hal 122 – 125).
·         Siswa secara berkelompok menyusun kronologi mengenai jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 122 -129)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.      Penilaian
Jenis tagihan                : Portofolio
Bentuk tagihan            : Menyusun kronologi
Contoh instrumen       : Susunlah kronologi mengenai jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia!

 

Format Penilaian Portofolio


Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, kronologi, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta, kronologi, dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
Penutup



Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
Orisinalitas karangan



Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema,kronologi, dan lukisan merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah





Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: