SOSIOLOGI SMA XI RPP4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 3. Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Indikator :
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
· Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
· Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
· Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
· Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
· Mendeskripsikan hubungan antaa struktur sosial dengan mobilitas sosial.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. memahami konsep mobilitas sosial (social mobility)
2. mengetahui beberapa bentuk mobilitas sosial
3. mengerti faktor penghambat mobilitas sosial
4. mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk mobilitas ke atas.
5. mengatahui saluran-saluran mobilitas.
6. memahami konflik dan penyesuaian sebagai konsekuensi mobilitas sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian mobilitas Sosial
2. Bentuk Mobilitas Sosial
3. Fatkor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial
4. Cara Melakukan Mobilitas Soosial dan Salurannya
5. Hubungan Mobilitas Sosial dengan Struktur Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat Indonesia. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran mobilitas sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran skema mobilitas sosial. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk mobilitas sosial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 82, 85, dan 88. c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian mereka mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan para pendatang di Jakarta gagal memperbaiki status ekonominya. d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. e. Siswa dan guru membuat kesimpulan hasil diskusi kelas. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama yaitu tentang pengertian mobilitas sosial, bentuk-bentuk mobilitas, dan faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial. b. Siswa diberi tugas untuk mewawancarai masyarakat di sekitar rumah atau lingkungannya tentang mobilitas sosial. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan mereka melakukan mobilitas sosial. c. Siswa membuat dalam bentuk laporan singkat. | | |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang mobilitas sosial. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran integrasi sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang potensi integrasi dalam masyarakat dengan tipologi yang telah disebut di atas. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara melakukan mobilitas sosial dan salurannya serta hubungan mobilitas sosial dengan struktur sosial. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 91 dan 93. c. Siswa mengerjakan tugas mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas vertikal dan horisontal. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan mendiskusikan artikel tentang 253 Pemenang Undian Beasiswa Tabungan Mandiri dari Columbia Group dalam buku halaman 93- 94. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 95-99. | | |
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluand. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa. e. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. f. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 80-99
2. Masalah perpindahan penduduk di negara Indonesia.
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku halaman 82, 85, dan 88.
2. Tugas laporan wawancara siswa.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 93- 94.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui: Jakarta, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
No comments:
Post a Comment