Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Sejarah SMA X RPP11




SEJARAH X RPP11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi               : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Mendeskripsikan Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian
                                                         Sejarah
Indikator                                 :  - Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi, politik, sosial,
  dan kebudayaan
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi
  • Mendeskripsikan jenis sejarah politik
  • Mendeskripsikan jenis sejarah sosial
  • Mendeskripsikan jenis sejarah kebudayaan

B.     Materi Pembelajaran
·         Sejarah ekonomi
·         Sejarah politik
·         Sejarah sosial
·         Sejarah kebudayaan

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas laporan penelitian

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menayangkan transparansi peta konsep mengenai aspek penelitian sejarah dan menanyakan pendapat siswa mengenai aspek-aspek tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan.
·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penelitian studi pustaka singkat mengenai sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Menyelesaikan laporan hasil penelitian.

E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 83 – 88)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.      Penilaian

Format Penilaian Laporan Penelitian


Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat laporan penelitian
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian


Penutup



Memberikan kesimpulan hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam penelitian
Orisinalitas karangan



Penelitian merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan, dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: