SEJARAH X RPP11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian
Sejarah
Indikator : - Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi, politik, sosial,
dan kebudayaan
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi
- Mendeskripsikan jenis sejarah politik
- Mendeskripsikan jenis sejarah sosial
- Mendeskripsikan jenis sejarah kebudayaan
B. Materi Pembelajaran
· Sejarah ekonomi
· Sejarah politik
· Sejarah sosial
· Sejarah kebudayaan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas laporan penelitian
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menayangkan transparansi peta konsep mengenai aspek penelitian sejarah dan menanyakan pendapat siswa mengenai aspek-aspek tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan pengertian sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan.
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penelitian studi pustaka singkat mengenai sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan.
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
· Menyelesaikan laporan hasil penelitian.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 83 – 88)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
Format Penilaian Laporan Penelitian
Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat laporan penelitian |
Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian |
Penutup | | | | Memberikan kesimpulan hasil penelitian |
Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam penelitian |
Orisinalitas karangan | | | | Penelitian merupakan hasil sendiri |
Penyajian, bahasan, dan bahasa | | | | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif |
Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment