02 April 2011

Sosiologi SMA X RPP1

 

Sosiologi SMA X RPP1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Nama sekolah                      :
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Kelas/semester                     :  X/ 1

Standar Kompetensi     : 1.     Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
                                                norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar        : 1. 1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji 
                                                hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator                         :
·         Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·         Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·         Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat

Alokasi Waktu               :  6 x 40 menit (3 X Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.     menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian  tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2.     menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3.     mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
4.     menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5.     mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.
                                    

B.      Materi Pembelajaran

1.       Hakikat sosiologi
2.       Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
3.       Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain

C.      Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1.

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
b.       Apresepsi
Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan.
c.        Memotivasi
Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman  materi yang akan dipelajari.
d.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
1.       Siswa mendengarkan penjelasan guru  tentang hakikat sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi.
2.       Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10, 12, dan 16.
3.       Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.
30 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Mengadakan post test
b.       Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.

10 menit


Pertemuan II


No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
 Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, 
 kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.       Memotivasi
Siswa  menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat.
c.        Rambu-rambu belajar
 Siswa mendengarkan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. 
10 menit

2.
a.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat. 
b.       Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan sosiologi.
c.        Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat.
d.       Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial bisa diambil dari buku halaman 25 -26.
e.        Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
f.        Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok.

60  menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
        Guru memberi beberapa kesimpulan tentang  kedudukan sosiologi dan 
        perannya dalam   masyarakat.
b.       Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir bab untuk ulangan blok.
10 menit




















Pertemuan 3
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.       Memotivasi
Guru memberitahu tentang tujuan ulangan blok  dan memberi semangat pada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap. 
b.       Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.        Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya untuk diperiksa.


3.
Kegiatan Akhir
c.        Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah dijadikan bahan ulangan umum..
d.       Guru memberi  tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma sosial.




E.      Sumber pembelajaran:
1.       Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 2- 30.
2.       Masalah-masalah sosial
3.       Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.      Media
1.       Papan tulis
2.       Lembar soal
3.       Transparan Konsep
4.       Power Point
5.       OHP
G.      Penilaian
1.       Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan  16.
2.       Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3.       Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
               
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20









LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                                           Jumlah skor:
A. Tidak Baik                       Skor 1                                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik    Skor 2                                                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik     Skor 3                                                    12—17 = Cukup
D. Baik                  Skor 4                                                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik     Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                                          Rentang skor : 1—3
1.       Aktivitas dalam kelompok                                                    2—15                    = Sangat baik                      
2.       Tanggung jawab individu                                                      9—11                     = Baik   
3.       Pemikiran                                                                                  6—8                       = Cukup               
4.       Keberanian berpendapat                                                       3—5                       = Kurang             
5.       Keberanian tampil 

4.       Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27 – 30.

Mengetahui:                                                                                                 Jakarta, _____________




_________________                                                                                 ______________________
     Kepala Sekolah SMA                                                                           Guru Kelas/Bidang studi

No comments: