SENI RUPA XI SILABUS 1 IPS, Bahasa
SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Program : IPS, Bahasa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara | · Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara | · Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara | · Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara | · Tugas kelompok | · Tertulis | · Gagasan apa yang terkandung dalam karya seni kriya berikut ini? | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara | · Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya | · Mendeskripsikan dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya | · Portofolio | · Tertulis | · Jelaskan cara membuat karya seni kriya berikut ini! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· 1.2 Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara | · Apresiasi terhadap gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara | · Mencari kecenderungan khas dan unik seni kriya Nusantara, lalu mengomentarinya | · Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara | · Tugas Individu | · Tertulis | · Uraikan komentarmu tentang karya sei kriya berikut ini! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Apresiasi terhadap teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara | · Mencari tahu cara membuat suatu karya seni kriya yang ada di Nusantara | · Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara | · Tugas Individu | · Tertulis | · Jelaskan cara membuat karya seni kriya berikut ini! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
SILABUS IPS, Bahasa
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara | · Jenis-jenis dan contoh hasil rancangan karya seni kriya dengan teknik khas Nusantara | · Mendata jenis karya seni kriya Nusantara dan mendeskripsikan teknik pembuatannya | · Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya | · Portofolio | · Proyek | · Buatlah sebuah rancangan konsep karya seni kriya berdasarkan unsur seni rupa Nusantara! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS ( · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Jenis-jenis dan contoh hasil rancangan karya seni kriya dengan corak khas Nusantara | · Mencari tahu ragam corak seni kriya Nusantara lalu membuat karyanya | · Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara | · Portofolio | · Proyek | · Buatlah sebuah rancangan konsep karya seni kriya dengan corak seni rupa Nusantara! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
2.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara | · Cara pembuatan karya seni kriya dengan teknik khas Nusantara | · Membuat karya seni kriya | · Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang | · Portofolio | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni kriya berdasarkan teknik khas seni rupa Nusantara! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
| · Cara pembuatan karya seni kriya dengan corak khas Nusantara | · Membuat karya seni rupa terapan | · Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan | · Portofolio | · Proyek | · Buatlah sebuah karya seni kriya berdasarkan corak khas seni rupa Nusantara! | 2 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
2.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah | · Teknik menyiapkan karya seni kriya | · Menyiapkan, memberi label, dan menyimpan karya seni kriya untuk dipamerkan | · Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Siapkanlah sejumlah karya seni kriya untuk dipamerkan! | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
2.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah | · Teknik menata karya seni kriya | · Menata, menentukan letak dan ruang pameran yang sesuai untuk karya seni kriya | · Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran | · Unjuk Kerja | · Proyek | · Aturlah letak sejumlah karya seni kriya dalam ruang pameran untuk dipamerkan | 1 x 45 menit | · Buku sumber Seni Rupa SMA kelas XII – ESIS · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
No comments:
Post a Comment