02 April 2011

Sosiologi SMA X Silabus Semester 2


SOSIOLOGI SMA X SILABUS SEMETER 2

SILABUS
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/Program             : X/Ilmu Sosial
Semester                      : 2 (satu)
Standar Kompetensi   : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

No.
KompetensI Dasar
Indikator
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelaajran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen


2.1.
Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian














·         Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
·         Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi






·         Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia.
·         Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
·         Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.
·         Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
·         Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian

Sosialisasi dan pembentukan kepribadian
·      Mendengarkan penjelasan tentang hakikat sosialisasi dan pembentukan kepribadian.
·      Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat.
·      Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
·      Mendiskusikan peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi.


·      Secara berkelompok membuat deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian.
·      Mempresentasikan hasil diskusi tentang factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian.







·      Secara individu menggali informasi dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan agen-agen sosialisasi dan tujuan.
·      Secara berkelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian


Penugasan









Test tertulis






Test berbicara dan tertulis












Penugasan







Ulangan blok

Individu










Individu






Diskusi kelompok














Karangan individu






PG  dan Uraian
Lakukan pengamatan atau refleksi terhadap dirimu sendiri! Identifikasikanlah sifat dan prilaku Anda yang merupakan hasil dari sosialisasi!Apa peran nilai dan norma orangtua dan masyarakat dalam kepribadian Anda?

1. Apa saja factor-faktor pembentukan kepribadian?
2. Sebutkan tiga tahap perkembangan diri manusia!

















Diskusikan kasus “Korban Smack down Bertambah: Pingsan dan Muntah Darah”.



6 jam




Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)

.





Kamus Sosiologi



Koran, majalah, TV, internet.


2.2.
Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
·         Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.







·         Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang



·         Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.



·         Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat




Perilaku Menyimpang

·         Secara individu menggali informasi melalui data-data kepustakaan dan media massa tentang perilaku menyimpang
·         Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di dalam masyarakat sekitar
·         Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di masyarakat sekitar.


·         Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan hasil temuan di kliping korang/internet.


·         Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang.




·         Secara berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang.
Test tertulis


Penugasan









Penugasan









Ulangan Blok
Individu



Laporan









Laporan hasil diskusi








PG dan Urain


Identifikasikanlah perilaku-perilaku menyimpang dalam masyarakat di daerah Anda?



Amatilah perilaku menyimpang dala masyarakat kemudian buatlah laporan penyebab dan akibatnnya!








Diskusikan kasus narkoba yang ada dalam buku halaman 133-134.





1.      Contoh penyimpangan gaya hidup dalam masyarakat adalah….
a. narkotika
b. kolusi dan nepotisme
c. arogansi dan
    eksentrik
d. arogansi dan kolusi
e. korupsi dan
    manipulasi.


8 jam
Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  dan Juju Surayawati dari ESIS

Sosiologi suatu pengantar oleh Soerjono Soekanto.

Artikel dari koran dan internet


Kamus Sosiologi

Gambar, foto, CD,






Masyarakat setempat

Data instansi/lembaga


2.3.
Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
·         Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial





·         Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial












·         Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial




·         Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat
Aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat
·         Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial
·         Secara klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat.
·         Secara kelompok menggali informasi melalu wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam cara menangani kasus di sekolah
·         Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam menangani kasus di sekolah.
·         Bekerja sama antarsiswa untuk menyimpulkan solusi yang paling tepat dalam cara pengendalian sosial yang terjadi di sekitar sekolah
·         Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial
·         Secara klasikal malalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial

·         Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW, tentang aturan-aturan dalam kehidupan masyarakat.
·         Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara kepada RT, RW tentang aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Penugasan








Test tertulis dan berbicara









Penugasan












Tugas Individu




Ulangan Blok


Pengamatan








Laporan hasil wawancara









Kelompok












Laporan hasil wawancara



PG dan Uraian singkat
Amatilah terhadap masyarakat di daerahmu! Kemudian, identifikasikanlah cara-cara pengendalian social yang dilakukan masyarakat terhadap berbagai perilaku menyimpang.

Buatlah tulisan dari hasil wawancara yang kamu lakukan dengan warga sekolah!








Tentukan solusi yang tepat dalam pengendadlian social di sekolah!










Wawancarailah ketua RT,RW tentang aturan yang berlaku di lingkunganmu!


Pengancaman termasuk cara pengendalian social  yang….
a. persuasive
b. membimbing
c. mengancam
d. memukul
e. menghukum

Apa yang dimaksud dengan labelling?
8 jam
















Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)

.
Artikel dari koran dan internet









Gambar, foto, CD,



Masyarakat setempat






No comments: