SOSIOLOGI SMA X SILABUS SEMETER 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X/Ilmu Sosial
Semester : 2 (satu)
Standar Kompetensi : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
No. | KompetensI Dasar | Indikator | Materi pokok/ pembelajaran | Kegiatan Pembelaajran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/bahan/alat | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||
2.1. | Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian | · Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian · Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi · Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia. · Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian. · Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan. · Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi. · Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian | Sosialisasi dan pembentukan kepribadian | · Mendengarkan penjelasan tentang hakikat sosialisasi dan pembentukan kepribadian. · Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat. · Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. · Mendiskusikan peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi. · Secara berkelompok membuat deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian. · Mempresentasikan hasil diskusi tentang factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian. · Secara individu menggali informasi dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan agen-agen sosialisasi dan tujuan. · Secara berkelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian | Penugasan Test tertulis Test berbicara dan tertulis Penugasan Ulangan blok | Individu Individu Diskusi kelompok Karangan individu PG dan Uraian | Lakukan pengamatan atau refleksi terhadap dirimu sendiri! Identifikasikanlah sifat dan prilaku Anda yang merupakan hasil dari sosialisasi!Apa peran nilai dan norma orangtua dan masyarakat dalam kepribadian Anda? 1. Apa saja factor-faktor pembentukan kepribadian? 2. Sebutkan tiga tahap perkembangan diri manusia! Diskusikan kasus “Korban Smack down Bertambah: Pingsan dan Muntah Darah”. | 6 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) . Kamus Sosiologi Koran, majalah, TV, internet. |
2.2. | Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial. | · Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna. · Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang · Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang. · Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat | Perilaku Menyimpang | · Secara individu menggali informasi melalui data-data kepustakaan dan media massa tentang perilaku menyimpang · Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di dalam masyarakat sekitar · Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di masyarakat sekitar. · Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan hasil temuan di kliping korang/internet. · Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang. · Secara berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang. | Test tertulis Penugasan Penugasan Ulangan Blok | Individu Laporan Laporan hasil diskusi PG dan Urain | Identifikasikanlah perilaku-perilaku menyimpang dalam masyarakat di daerah Anda? Amatilah perilaku menyimpang dala masyarakat kemudian buatlah laporan penyebab dan akibatnnya! Diskusikan kasus narkoba yang ada dalam buku halaman 133-134. 1. Contoh penyimpangan gaya hidup dalam masyarakat adalah…. a. narkotika b. kolusi dan nepotisme c. arogansi dan eksentrik d. arogansi dan kolusi e. korupsi dan manipulasi. | 8 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati dari ESIS Sosiologi suatu pengantar oleh Soerjono Soekanto. Artikel dari koran dan internet Kamus Sosiologi Gambar, foto, CD, Masyarakat setempat Data instansi/lembaga |
2.3. | Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. | · Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial · Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial · Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial · Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat | Aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat | · Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial · Secara klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat. · Secara kelompok menggali informasi melalu wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam cara menangani kasus di sekolah · Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam menangani kasus di sekolah. · Bekerja sama antarsiswa untuk menyimpulkan solusi yang paling tepat dalam cara pengendalian sosial yang terjadi di sekitar sekolah · Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial · Secara klasikal malalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial · Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW, tentang aturan-aturan dalam kehidupan masyarakat. · Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara kepada RT, RW tentang aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat. | Penugasan Test tertulis dan berbicara Penugasan Tugas Individu Ulangan Blok | Pengamatan Laporan hasil wawancara Kelompok Laporan hasil wawancara PG dan Uraian singkat | Amatilah terhadap masyarakat di daerahmu! Kemudian, identifikasikanlah cara-cara pengendalian social yang dilakukan masyarakat terhadap berbagai perilaku menyimpang. Buatlah tulisan dari hasil wawancara yang kamu lakukan dengan warga sekolah! Tentukan solusi yang tepat dalam pengendadlian social di sekolah! Wawancarailah ketua RT,RW tentang aturan yang berlaku di lingkunganmu! Pengancaman termasuk cara pengendalian social yang…. a. persuasive b. membimbing c. mengancam d. memukul e. menghukum Apa yang dimaksud dengan labelling? | 8 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) . Artikel dari koran dan internet Gambar, foto, CD, Masyarakat setempat |
No comments:
Post a Comment