Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 April 2011

Seni Rupa SMA X Silabus 1,




SENI RUPA X SILABUS1

SILABUS
Nama Sekolah                         : SMA                                                                                                                    
Mata Pelajaran                         : Seni Rupa
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi                : 1. Mengapresiasi karya seni rupa


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1. Meng-identifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

·          Seni Rupa Nusantara; Perkembangan Sejarah Latar Belakang Sosial Budaya

·          Mendeskripsikan  seni rupa yang ada di Nusantara

·          Mendeskripsikan pengertian seni rupa Nusantara


·          Tugas Individu

·          Tertulis

·          Buatlah daftar karya seni rupa murni dan seni rupa terapan Nusantara yang ada di sekitar

1 x 45 menit

·            Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hal 3 – 18)
·            Peta konsep
·            OHP
·            Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Buku sumber


·          Seni Rupa Zaman Prasejarah
·          Diskusi  tentang seni rupa zaman prasejarah di Nusantara dengan bahan dari buku sumber dan internet
·          Mendeskripsikan  seni rupa zaman prasejarah di Nusantara (gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di daerah setempat)
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi
·          Analisa dan diskusikan tentang seni rupa zaman prasejarah di Nusantara
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hal 4–6 )
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


·          Seni Rupa Zaman Hindu-Buddha
·          Menyusun periodisasi seni rupa zaman Hindu-Buddha
·          Mendeskripsikan  generalisasi, periodisasi, dan kronologi

·          Portofolio



·          Tertulis



·          Buatlah periodisasi seni rupa zaman Hindu-Buddha

1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hal 6 – 8)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


·          Seni Rupa Zaman  Islam





·          Mendeskripsikan dan menemukan     contoh seni rupa zaman Islam dalam kehidupan  sehari-hari

·          Mendeskripsikan  seni rupa zaman Islam





·          Tugas Individu






·          Tertulis





·          Pilihlah salah satu seni rupa zaman Islam berikut lalu deskripsikan contohnya dalam lingkungan sekitar Anda (seni kaligrafi, makam, wayang, atau batik)

1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hal 8 – 12)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

·          Seni Rupa Pengaruh Cina
·          Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik pada seni rupa pengaruh Cina
·          Mendeskripsikan pengaruh seni rupa Cina terhadap seni rupa di Nusantara  ( arsitektur, pola wastra, dan perabot atau benda-benda rumah tangga )
·          Tugas Individu
·          Tertulis
·          Buatlah  motif  batik baru yang diadaptasi dari motif tradisional yang sudah ada yang mendapat pengaruh dari Cina
2 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 13—15)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


·          Seni Rupa Pengaruh Kolonial
·          Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik pada seni rupa pengaruh kolonial
·          Mendeskripsikan pengaruh seni rupa Kolonial terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, busana, dan perabot  rumah tangga)
·          Tugas kelompok
·          Tertulis
·          Buatlah kliping mengenai seni rupa Nusantara yang mendapat pengaruh dari seni rupa kolonial
2 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 15—16)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


·          Latar  Belakang Sosial Budaya Seni Rupa Nusantara
·          Mendeskripsikan latar  belakang sosial budaya seni rupa di Nusantara
·          Mendeskripsikan latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
·          Tugas kelompok
·          Tertulis
·          Buatlah karya tulis mengenai latar belakang sosial budaya seni rupa yang ada di daerah Anda
2 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 17—18)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
·         Keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
·         Membuat karya seni unik  dengan gagasan orisinil yang mengandung unsur budaya  tertentu
·          Siswa mampu membuat karya seni yang unik dan orisinil   dengan kandungan unsur budaya tertentu
·          Tugas kelompok
·          Proyek
·          Apa yang Anda ketahui tentang legenda atau cerita candi Borobudur?
2 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 20—32)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


Administrasi PBM, Seni Rupa SMA X, RPP Seni Rupa  SMA X, Seni Rupa  SMA X Silabus 1,  


SILABUS
Mata Pelajaran                         : Seni Rupa                                                                                                                             
Kelas/Semester                        : X/1
Standar Kompetensi                : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
 Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

·          Seni Hias

·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni hias yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni hias


·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni hias yang ada di Nusantara
·          Siswa mampu membuat karya seni hias dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara

·          Portofolio




·          Tes tertulis dan proyek

·          Sebutkan karya-karya seni yang termasuk dalam kategori seni hias di Nusantara!

1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 37—38)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Seni Patung
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni patung yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni patung
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni patung yang ada di Nusantara

·          Siswa mampu membuat karya seni patung dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara
·          Portofolio

·            Tes tertulis dan proyek


·          Patung di Nusantara dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu ....
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 38—39)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Seni Bangunan
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni bangunan yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni bangunan
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni bangunan yang ada di Nusantara

·          Siswa mampu membuat karya seni bangunan dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara
·          Portofolio

·          Tes tertulis dan proyek
·          Candi merupakan bangunan yang diasumsikan sebagai replika alam.Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 39—40)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Seni Anyaman
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni anyaman yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni anyaman
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni anyaman yang ada di Nusantara

·          Siswa mampu membuat karya seni anyaman dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara



·          Portofolio

·          Tes tertulis dan proyek
·          Daerah mana saja yang menjadi pusat penghasil anyaman di Indonesia?
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 40—41)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet





Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan
 Pembelajaran

Indikator


Alokasi
Waktu

Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen

·          Seni Tembikar
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni tembikar yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni tembikar
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni tembikar yang ada di Nusantara
·          Siswa mampu membuat karya seni tembikar dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara

·          Portofolio




·          Tes tertulis dan proyek
·          Berdasarkan sejarah, seni kerajinan tembikar mengalami puncaknya pada masa kerajaan Majapahit. Coba Anda jelaskan!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 41—42)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Seni Ukir
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni ukir yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni ukir
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni ukir yang ada di Nusantara
·          Siswa mampu membuat karya seni ukir dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara
·          Portofolio

·            Tes tertulis dan proyek


·          Uraikan secara ringkas perkembangan seni ukir di Nusantara!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 42—43)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Seni Sesajen
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni sesajen yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni ukir
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni sesajen yang ada di Nusantara
·          Siswa mampu membuat karya seni sesajen dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara
·          Portofolio

·          Tes tertulis dan proyek
·          Seni sesajen bersifat instan. Mengapa demikian?
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 43—44)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Lukisan Wayang
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni wayang yang ada di Nusantara
·          Membuat karya seni lukisan wayang
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh seni lukisan wayang yang ada di Nusantara
·          Siswa mampu membuat karya seni lukisan wayang dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara
·          Portofolio

·          Tes tertulis dan proyek
·          Apa yang Anda ketahui tentang seni lukisan wayang?
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 44)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

·          Ilustrasi Naskah
·          Membaca dan mendiskusikan jenis-jenis dan contoh-contoh seni ilustrasi naskah yang ada di Nusantara
·          Membuat ilustrasi naskah
·          Siswa mampu menjelaskan jenis dan contoh-contoh ilustrasi naskah yang ada di Nusantara
·          Siswa mampu membuat ilustrasi naskah dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara
·          Portofolio

·          Tes tertulis dan proyek
·          Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi ilustrasi naskah!
1 x 45 menit
·          Buku sumber Seni Rupa SMA – ESIS (hlm. 44—45)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet



No comments: