SOSIOLOGI SMA XI SILABUS 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XI/Ilmu Sosial
Semester : 2 (dua )
Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural.
No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Waktu | Sumber/bahan/alat | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||
2.1. | Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural. | · Mendeskripsikan pengertian kebudayaan · Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan. · Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. · Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. | · Kebudayaan | · Secara individu menggali informasi tentang kebudayaan yang ada dalam masyarakat tempat tinggalnya. · Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri- ciri kebudayaan. · Secara berkelompok mendiskusikan kebudayaan di daerahnya. | Penugasan Test tertulis dan keberanian berbicara Ulangan blok | Tugas individu Tugas kelompok Pilihan Ganda dan uraian. | Wawancarailah tokoh masyarakat di tempat tinggalmu tentang budaya asli masyarakatmu! Kemudian buatlah dalam bentuk laporan. Bagilah kelompok kemudian diskusikan masalah kebudayaan yang ada dalam buku halaman 128-129. Pancasila termasuk dalam wujud kebudayaan…. a. traits b. cultural activity c. konkret d. items e. abstrak Apa yang Anda ketahui tentang kebudayaan? | 6 x 45’ | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati (ESIS) Artikel, gambar, dari berbagai media massa |
22. | Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | · Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. · Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial. · Membedakan konflik dengan kekerasan · Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat. | · Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | · Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa Indonesia bagian barat, tengah dan timur. · Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur. · Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial. | Penugasan Test berbicara dan berargumentasi Ulangan Blok | Tugas Individu Tugas kelompok Pilihan ganda dan uraian | Amatilah kelompok sosial dalam masyarakat di tempat tinggalmu kemudian buatlah sebuah laporan tentang kelompok masyarakat tersebut. Buatlah kelompok kemudian diskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial! Genosida merupakan contoh pola hubungan…. a. dominasi b. akulturasi c. paternalisasi d. integrasi e. pluralisme Apa yang dimaksud dengan kelompok sosial? | 12 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Suryawati dari (ESIS) Artikel dari koran dan internet Kamus Sosiologi Masyarakat setempat Data instansi/lembaga |
2.3 | Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | · Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial. | Masyarakat Multikultural | · Menggali berbagai informasi tentang pengertian masyarakat multikultural dan pengertian multikulturalisme · Menggali dari berbagai sumber belajar tentang faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural. · Menjelaskan sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural. · Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial. · Secara kelompok mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial. | Penugasan Penugasan Test berbicara dan tertulis Ulangan Blok | Portofolio Tugas kelompok Tugas kelompok Pilihan ganda dan uraian | Tulislah pendapatmu tentang masyarakat multikulturalisme kemudian kirimlah ke majalah sekolah, majalah remaja, atau surat kabar di daerahmu! Rancanglah sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaian Anda terhadap multikulturalisme! Diskusikanlah artikel yang ada dalam buku halaman 172-173. Kemudian bacakan hasil diskusi di depan kelas. Pluralisme berkaitan dengan prinsip-prinsip…. a. ekonomi b. statistik c. demarkasi d. demokrasi e. politik Bagaimana kebenaran dipahami dalam multikulturalisme? | 8 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) Artikel dari koran dan internet |
No comments:
Post a Comment