SEJARAH X SILABUS 1
Nama Sekolah : SMA SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah | Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah · Pengertian Sejarah | · Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh mengenai sejarah melalui internet | · Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh | · Tugas Individu | · Tertulis | · Buatlah silsilah keluarga Anda, kemudian tulislah sejarah keluarga Anda dalam bentuk karangan! (hal 7) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 7) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet · Internet · Buku sumber |
· Sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | · Diskusi jigsaw tentang sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni dengan bahan dari buku sumber dan internet | · Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni | · Unjuk Kerja | · Diskusi jigsaw | · Analisa dan diskusikan suatu tulisan sejarah mengapa dapat digolongkan sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni! (hal 14) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 8 – 14) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Generalisasi, periodisasi, dan kronologi | · Menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu | · Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi | · Tugas Individu | · Tertulis | · Buatlah periodisasi hidup Anda sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas! (hal 18) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 14 – 18) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Kegunaan Sejarah | · Mendeskripsikan dan menemukan kegunaan sejarah dalam kehidupan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari | · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik · Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara ekstrinsik | · Tugas Individu · Portofolio | · Pilihan ganda · Uraian · Karangan analisis | · Kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab, yaitu a. syajaratun d. historia b. history e. geschicthe c. story (hal 24) · Jelaskan pengertian sejarah berdasarkan asal usul katanya! (hal 26) · Buatlah karangan analisis mengenai tuntutan mengkaji dan menulis kembali sejarah Indonesia! (hal 23) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 19 – 26) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
SEJARAH X SILABUS 1
Mata Pelajaran : Sejarah SILABUS
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara | Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia · Cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya · Tradisi masyarakat masa prasejarah | · Meneliti cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya dan perkembangan tradisi masyarakat prasejarah | · Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya · Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah | · Portofolio · Unjuk Kerja | · Uraian analisis · Diskusi | · Buatlah uraian analisis mengenai tradisi bercerita di daerah Anda! (hal 32) · Diskusikanlah tradisi masyarakat masa prasejarah (hal 36) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 27 – 36) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Jejak sejarah di dalam folklor, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat di berbagai daerah | · Membaca dan mendiskusikan berbagai sumber tentang folklor, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat di berbagai daerah | · Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah mengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asalnya dan fakta sejarah apa yang terkandung di dalamnya! (hal 47) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 36 – 47) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Tradisi sejarah masyarakat masa sejarah | · Membaca dan mencari berbagai sumber tentang dan tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah kemudian menyusun dalam bentuk karangan analisis | · Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat masa sejarah dari berbagai daerah di Indonesia | · Portofolio | · Karangan analisis | · Buatlah tulisan analisis mengenai kemiripan kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India! (hal 54) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 47 – 54) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Perkembangan penulisan sejarah di Indonesia | · Mengamati dan membaca buku sumber untuk Mengidentifikasikan perkembangan penulisan di Indonesia | · Mengidentifikasi perkembangan penulisan sejarah di Indonesia · Memberikan contoh lima unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia | · Tugas Individu · Portofolio | · Pilihan ganda · Uraian · Karangan analitis | · Kisah Mahabharata dan Ramayana termasuk... a. pantun d. Epos b.permainan rakyat e. argot c. cerita rakyat (hal 60) · Sebutkan ciri-ciri dan tradisi lisan! (hal 62) · Buatlah uraian pendapat mengenai lima unsur tradisi dan kepercayaan di dalam struktur dan pola kehidupan leluhur anda! (hal 59) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 55 – 62) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
SEJARAH X SILABUS 1
Mata Pelajaran : Sejarah SILABUS
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.3. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra-Aksara dan Masa Aksara | Menggunakan Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Sejarah · Langkah-langkah dalam penelitian sejarah | · Diskusi tentang langkah-langkah dalam penelitian sejarah | · Mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah | · Portofolio | · Karangan analitis | · Carilah artikel tentang sejarah kemudian buatlah karangan analitis mengenai topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan kesalahan dalam artikel tersebut! (hal 80) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 63 – 80) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet · |
· Sumber, bukti, dan fakta sejarah | · Diskusi tentang sumber, bukti, dan fakta sejarah | · Mendeskripsikan sumber , bukti, dan fakta sejarah | · Portofolio | · Karangan analitis | · Carilah sebuah fakta sejarah dari artikel atau internet. Tentukanlah apakah fakta sejarah tersebut termasuk fakta mental atau fakta sosial dalam bentuk uraian analitis! (hal 83) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 80 – 83) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Jenis-jenis sejarah | · Melakukan studi pustaka mengenai jenis-jenis sejarah | · Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan | · Tugas individu | · Tertulis | · Buatlah laporan penelitian tentang kejadian di Indonesia berdasarkan jenis-jenis sejarah | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 83 – 88) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan | · Melakukan penelitian mengenai narasumber sejarah lisan | · Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan | · Portofolio | · Karangan analitis | · Carilah sebuah fenomena atau yang berasal dari narasumber sejarah lisan! Buatlah uraian kritik tentang kredibilitas narasumber dan isi kisah atau fenomena tersebut! (hal 94) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 89 – 94) · Peta konsep · OHP · Tape recorder · Daftar pertanyaan | |
· Peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah | · Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah di daerah tempat tinggal melalui observasi | · Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah | · Tugas individu | · Pilihan ganda · Uraian | · Pengumpulan informasi untuk suatu topik penelitian sejarah disebut... a. hipotesis d. heuristik b. baconian e. verifikasi c. dikotomi (hal 94-100 dan hal 101 -105) · Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah penelitian sejarah! (hal 100 dan 106) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 94 – 106) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
No comments:
Post a Comment