BIOLOGI X RPP1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
I. Indikator
· Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
II. Materi Ajar
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan-diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
· Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
· Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
No comments:
Post a Comment