Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

09 April 2011

Fisika SMA X RPP4


FISIKA X RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
              2.   Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

Kompetensi Dasar
              2.2.  Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.

Indikator
1.      Megidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
2.      Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif.
3.      Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian gerak melingkar.
2.      Menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mendeskripsikan besaran-besaran dalam gerak melingkar.
4.      Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB).
5.      Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
6.      Membedakan Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
7.      Menganalisis aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
8.      Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak melingkar.

B. Materi Pembelajaran
          Gerak Melingkar dengan Laju Konstan

C. Metode Pembelajaran1
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
              2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan                                                         

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -     Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.                  
     -     Sebutkan ciri-ciri gerak melingkar.
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apa yang dimaksud dengan gerak melingkar?
      -   Apa yang menjadi ciri khas gerak melingkar?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak melingkar.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai ciri-ciri gerak melingkar.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.





PERTEMUAN KEDUA

           a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -    Sebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-          hari.
      -    Mengapa ketika kendaraan melewati jalanan yang melengkung, supir          harus hati-hati dan mengurangi kecepatan mobilnya?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -    Apakah syarat terjadinya gerak melingkar beraturan?
      -    Berapakah batas kecepatan mobil ketika melewati jalanan yang       melengkung?  
            b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak melingkar beraturan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya gerak melingkar beraturan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan sentripental.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penerapan konsep gerak melingkar beraturan pada laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -    Sebutkan contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan        sehari-  hari.
      -    Sebutkan dua percepatan yang dimiliki benda yang mengalami gerak          melingkar berubah beraturan.
l  Prasyarat pengetahuan:
      -    Apakah syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan?
      -    Apakah perbedaan antara percepatan sentripental dan percepatan `  tangensial?

            b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak melingkar berubah beraturan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEEMPAT

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
 -    Sebutkan penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-          hari?
l  Prasyarat pengetahuan:
  -    Bagaimana penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-                  hari?
l  Pra eksperimen:
       -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

     
            b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan pengamatan tentang penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alumunium yang fleksibel, batang besi, pemutar, dan tali.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengamati pengaruh gerak rotasi terhadap jari-jari bumi (proyek ilmiah h.134).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan eksperimen yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 123-140
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                     -   Tes tertulis
                     -    Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Tes PG
   -   Tes uraian
    -   Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Sebuah benda berhenti setelah melakukan 10 putaran. Apabila kecepatan sudutnya mula-mula 20 rpm, maka waktu yang dibutuhkan benda sampai berhenti adalah ....
     a. 60 sekon                                              d. 10 sekon
     b. 30 sekon                                             e. 1 sekon
     c. 15 sekon
-  Contoh tes uraian
Sebuah bor gigi (jari-jari 1 cm) dirancang agar mempunyai percepatan 1.000 rad/s2. Agar sebuah titik pada permukaan sisi samping bor dapat menempuh putaran sejauh 12 m, tentukan waktu putaran yang dibutuhkan. Anggap posisi awal bor dalam keadaan diam. 


-  Contoh tugas rumah
Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



........................                                                                        ..............................
NIP.                                                                                        NIP.


No comments: