FISIKA XI RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar
1.6. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola, dan gerak harmonik sederhana.
2. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring.
3. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran.
4. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit.
5. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan hukum kekekalan energi mekanik.
2. Menyebutkan syarat terjadinya energi mekanik benda bersifat kekal.
3. Menjelaskan usaha oleh gaya pegas.
4. Menjelaskan energi mekanik untuk sistem gaya pegas.
5. Menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola dan gerak harmonik sederhana.
6. Menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring.
7. Menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran.
8. Menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit.
9. Menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran.
B. Materi Pembelajaran
Usaha oleh Gaya konservatif
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah syarat energi mekanik benda bersifat kekal?
- Bagaimana cara menghitung usaha yang dilakukan untuk meregangkan pegas?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud hukum kekekalan energi mekanik?
- Bagaimana mendapatakan rumusan usaha oleh gaya pegas?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi mekanik.
l Peserta didik memperhatikan analisis untuk mendapatkan rumusan hukum kekekalan energi mekanik yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan syarat energi mekanik benda bersifat kekal.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum kekekalan energi mekanik yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal penerapan hukum kekekalan energi mekanik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan usaha oleh gaya pegas.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untuk mendapatkan rumusan usaha oleh gaya pegas.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha oleh gaya pegas yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan usaha oleh gaya pegas untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan energi yang dimiliki sistem benda dengan pegas yang sedang berosilasi?
l Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana mendapatkan rumusan energi mekanik untuk sistem gaya pegas?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi mekanik untuk sistem gaya pegas.
l Peserta didik memperhatikan analisis untuk mendapatkan rumusan energi mekanik untuk sistem gaya pegas yang disampaikan oleh guru.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan energi yang dimiliki pada sistem benda dengan pegas yang sedang berosilsi.
l Guru menanggapi hasil jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi mekanik untuk sistem gaya pegas yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal menentukan energi mekanik untuk sistem gaya pegas untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah hukum kekekalan energi mekanik dapat diterapkan untuk semua gerak benda?
l Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana penerapan hukum kekekalan energi mekanik untuk semua gerak benda?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan hukum kekekalan energi mekanik untuk semua gerak benda.
l Guru membagi tugas kelompok:
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak gerak jatuh bebas dan gerak parabola.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran.
l Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Mengulang materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
l Prasyarat pengetahuan:
- Mempersiapkan materi yang belum dipresentasikan.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan presentasi kelompok lain yang belum maju pada pertemuan sebelumnya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk memberikan pertanyan kepada kelompok yang presentasi.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum kekekalan energi mekanik yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal penerapan hukum kekekalan energi mekanik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2A (Esis) halaman 168-180
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- PG
- Isian
- Uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Seseorang melompat dari balkon rumahnya setinggi 2,61 m. Kecepatan orang tersebut ketika tepat akan menyentuh tanah adalah ....
A. 2,16 m/s D. 5,16 m/s
B. 3,16 m/s E. 7,16 m/s
C. 4,16
- Contoh tes isian
Berapakah perbandingan energi potensial dan energi kinetik sebuah pegas saat simpangannya setengah dari simpangan maksimum ....
- Contoh tes uraian
Dari ketinggian 90 m di atas tanah, sebuah roket diluncurkan dengan kelajuan 40 m/s membentuk sudut 370 terhadap horizontal. Tentukan kelajuan roket pada saat menyentuh tanah.
- Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada
gerak dalam bidang miring dan pada gerak benda pada bidang lingkaran.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment