09 April 2011

Biologi SMA X RPP 6



BIOLOGI X RPP 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 9 dan 10
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi    :             2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar         :     2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan                           :        Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia



I.                   Indikator
·         Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·         Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·         Membedakan spora aseksual dan seksual
·         Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·         Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

II.    Materi Ajar
·         Ciri-ciri jamur meliputi:
1.      Ciri struktur
2.      Cara hidup
·         Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.      Spora aseksual
2.      Spora seksual
·         Klasifikasi jamur
·         Peranan jamur bagi manusia  
·         Proses produksi yang memanfaatkan jamur

III.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi – Pengamatan – Penugasan

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
·         Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan.


C.    Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
    Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.

V.                                                                 Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
·         Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
·         Bahan-bahan pembuat tempe atau tape

VI.                                                              Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan jamur
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: