BIOLOGI X RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
· Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
· Membedakan spora aseksual dan seksual
· Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
· Membuat produk makanan yang menggunakan jamur
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
· Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
· Klasifikasi jamur
· Peranan jamur bagi manusia
· Proses produksi yang memanfaatkan jamur
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Pengamatan – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
· Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
· Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
· Bahan-bahan pembuat tempe atau tape
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jamur
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment